Kita tidak ingin terulang seperti tahun lalu
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat menutup jalan di lima titik kawasan Masjid Akbar Kemayoran, guna mengantisipasi kerumunan menjelang malam Tahun Baru 2022.

Kepala Satuan Pelaksana Sudin Perhubungan Kecamatan Kemayoran Iswandi mengatakan Kemayoran merupakan salah satu wilayah bebas kerumunan kendaraan dan orang (Crowd Free Night/CFN) oleh Polda Metro Jaya pada Jumat hingga Sabtu pagi hari.

"Di kawasan Masjid Akbar sendiri ada lima titik yang dilakukan penutupan, Jalan Convair, Jalan Casa, Jalan Puma, Jalan Apron dan sekitarnya," kata Iswandi saat ditemui di Jalan Convair Kemayoran Jakarta Pusat, Jumat.

Iswandi menjelaskan selain di kawasan Masjid Akbar, penutupan jalan dilakukan di Pasar Jiung yang berada di Jalan Kemayoran Gempol, baik sisi utara maupun sisi selatan.

Baca juga: Tak ada penyekatan, DKI tetap lakukan pengawasan malam Tahun Baru

Penutupan jalan dilakukan dengan memasang pembatas jalan (barrier) beton dan air (water barrier).

Adapun jalan tersebut baru akan dibuka sekitar pukul 02.00 WIB atau mengikuti arahan Polda Metro Jaya pada pukul 04.00 WIB pada Sabtu (1/1).

Penutupan jalan ini merupakan arahan dari Pemerintah Kota Jakarta Pusat mengingat Kecamatan Kemayoran menjadi prioritas dalam pencegahan terjadinya kerumunan pada malam pergantian tahun.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi memerintahkan pada jajaran petugas untuk melakukan penutupan jalan sejak pukul 12.00 WIB.

"Kita tidak ingin terulang seperti tahun lalu. Karena wilayah Kemayoran itu sebagai tempat pelarian tempat berkumpulnya warga setelah Jalan Sudirman, Thamrin ditutup," kata dia.

Baca juga: Dishub terjunkan 2.500 personel saat malam tahun baru cegah kerumunan

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021