kita tidak boleh lengah dan abai
Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo Jawa Timur dr Dewi Vironica mengatakan nihil atau tidak adanya kasus COVID-19 di kabupaten itu pada akhir tahun 2021.

"Alhamdulillah, hari ini sudah tidak ada kasus terkonfirmasi positif COVID-19. Semoga bisa terus dipertahankan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," katanya di Kabupaten Probolinggo, Jumat.

Menurutnya hal itu menyusul sembuhnya pasien COVID-19 asal Kecamatan Pakuniran, sehingga dengan demikian total kasus kesembuhan secara kumulatif di Kecamatan Pakuniran mencapai 194 kasus dari total 212 kasus positif.

Sejak pertengahan Maret 2020 hingga 31 Desember 2021, total kasus COVID-19 di Kabupaten Probolinggo mencapai 7.223 kasus dengan keterangan 6.727 kasus sembuh dan 496 kasus meninggal dunia.

Baca juga: Wali Kota Probolinggo targetkan vaksinasi lansia minimal 70 persen
Baca juga: LPDB-KUMKM adakan vaksinasi COVID-19 bagi UMKM di Probolinggo

Sementara Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Christian mengatakan nihilnya kasus terkonfirmasi positif yang dirawat di Kabupaten Probolinggo merupakan sebuah hadiah terindah pada tutup tahun 2021.

"Tetapi kita tidak boleh lengah dan abai. Selalu waspada dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Tetap memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas," tuturnya.

Yulius mengaku bersyukur karena capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Probolinggo juga sudah tinggi karena secara umum capaian vaksinasi sudah mencapai 75 persen dan lanjut usia (lansia) sudah mencapai 64 persen.

"Semua itu berkat kerja keras kita semua, khususnya Bapak dan Ibu Camat serta jajaran tenaga kesehatan. Semoga kita mampu mempertahankan zero kasus COVID-19 dan semoga segera tercapai target untuk vaksin supaya bisa segera ke level 1," katanya.

Baca juga: Forkopimda Kota Probolinggo pastikan ketersediaan oksigen medis aman
Baca juga: Ngadisari jadi desa pertama di Probolinggo tuntas vaksinasi COVID-19
 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021