Jakarta (ANTARA) - Sejumlah jalanan protokol di Ibu Kota terpantau ramai lancar di awal Tahun Baru 2022 pada Sabtu.

Seperti di Jalan Medan Merdeka Barat dan Selatan depan kawasan Monumen Nasional, tidak tampak adanya kemacetan pada libur akhir pekan ini.

Situasi ramai lancar juga terpantau dari mulai Jalan Jenderal Sudirman di bawah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Karet hingga Gerbang Tol Senayan.

Kepadatan yang biasa tampak di hari kerja, kali ini kendaraan bermotor bisa melaju hingga kecepatan di atas 60 kilometer per jam.

Sedangkan Jalan Gatot Subroto khususnya depan Komplek Parlemen lengang. Sejumlah pedagang kaki lima yang menjual cendol, minuman dingin, hingga bakso sudah membuka lapak di depan gerbang.

Namun tidak ada tanda-tanda keramaian. Menurut pedagang cendol bernama Sugeng,  hari libur menyebabkan sejumlah jalan protokol di Ibu Kota sepi sejak pagi.

"Tapi kita tetap buka, mungkin nanti siang menjelang sore ramainya," kata Sugeng.

Baca juga: Pelataran tutup, pengunjung Kota Tua Jakarta tetap ramai
Baca juga: Kawasan PIK dipadati pengunjung Tahun Baru 2022


Jalanan yang lancar dimanfaatkan warga dari luar Jakarta untuk berlibur di Ibu Kota. Seperti Nico, warga Tangerang yang ditemui ANTARA di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Nico bahkan turut membawa sepeda motor berboncengan dengan istrinya, Rully Ebtika Purnama Sari dan anak balitanya yang masih digendong.

Ia bersyukur tempat wisata di Jakarta tetap buka meski ada varian baru COVID-19, Omicron.

"Kami sudah dua tahun, kepingin liburan. Sebelumnya sudah pernah juga ke luar Tangerang, kayak di Puncak, begitu," katanya.

Berwisata ke Jakarta lebih terjangkau dari rumah. "Kan bawa anak juga kan, naik motor, jadi enggak terlalu jauh begitu," kata Nico.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022