Selama pandemi, baru kali ini semua kamar homestay bisa penuh, sehingga sejumlah wisatawan terpaksa harus ditolak saat ingin bermalam
Magelang (ANTARA) - Tingkat hunian homestay atau pondok wisata di Kampung Homestay di Dusun Ngaran II Desa Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, penuh pada malam pergantian tahun baru 2022.

Ketua Paguyuban Kampung Homestay Borobudur Muslih di Magelang, Sabtu, mengatakan dari 33 unit homestay di Dusun Ngaran II semuanya penuh pada malam pergantian tahun baru.

"Selama pandemi, baru kali ini semua kamar homestay bisa penuh, sehingga sejumlah wisatawan terpaksa harus ditolak saat ingin bermalam. Pada malam tahun baru 2021 tingkat hunian kurang dari 50 persen," katanya.

Menurut dia, kebanyakan mereka bermalam hanya pada malam pergantian tahun, tetapi juga ada wisatawan yang tinggal hingga Minggu (2/1).

Ia menuturkan para wisatawan yang bermalam di homestay tersebut kebanyakan dari luar daerah seperti Jawa Timur dan Jawa Barat. Mereka kebanyakan wisatawan keluarga.

Muslih menyampaikan pada malam tahun baru 2022 tidak ada kegiatan di Borobudur, kecuali kegiatan di homestay masing-masing. Mereka ramai-ramai membakar jagung maupun ikan.

Ia menyebutkan selama pandemi ini ada potongan harga sewa homestay. Per unit homestay dengan tiga kamar bertarif Rp500.000, namun pada masa pandemi harga sewa hanya Rp350.000-Rp400.000 per unit.

"Tetapi pada malam tahun baru tidak ada diskon, karena permintaan membludak," katanya.

Baca juga: PT TWC dukung sinergi pengelolaan sampah di kawasan Borobudur
Baca juga: Ganjar minta Bank Jateng fasilitasi pembuatan homestay di Borobudur
Baca juga: Borobudur terima wisatawan libur Natal dengan prokes ketat

 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022