ada 40 unit rumah yang direnovasi di Aceh Besar
Banda Aceh (ANTARA) - Anggota DPR RI dari Fraksi PPP Illiza Sa'aduddin Djamal membantu renovasi rumah masyarakat di beberapa lokasi wilayah Kabupaten Aceh Besar, dalam upaya memberi pelayanan kepada masyarakat untuk menempati rumah yang layak huni.

"Ada 40 unit rumah yang direnovasi di Aceh Besar, kita bantu untuk tahun 2021, dan mudah-mudahan tahun 2022 bisa kita lanjutkan renovasi rumah seperti ini," kata Illiza di sela-sela menyerahkan rumah usai renovasi di Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar, Sabtu.

Illiza menjelaskan bantuan renovasi rumah warga tersebut berdasarkan pengusulan melalui anggota fraksi PPP di Komisi V DPR RI, yang kemudian dilakukan pengerjaan melalui Kementerian PUPR.

Sebelum menetapkan penerima manfaat, Illiza juga sudah lebih dulu menyambangi masyarakat guna mengecek langsung para penerima bantuan renovasi rumah tersebut agar betul-betul tepat sasaran.

"Alhamdulillah hari ini pembangunan sudah hampir selesai, kami melihat ini sudah cukup memadai dari yang sebelumnya dan lebih layak untuk bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, katanya.

Baca juga: Unsyiah bangun rumah layak huni untuk keluarga kurang mampu
Baca juga: Banda Aceh programkan semua warga kota tinggal di rumah layak huni

Selain bantuan renovasi rumah, Illiza juga memperjuangkan pembangunan 18 tower jaringan komunikasi yang dibangun PT Telkom Indonesia (Persero) guna membantu masyarakat kepulauan itu yang sudah lama tidak memiliki jaringan komunikasi, saat terasa sekali terutama saat belajar daring selama pandemi COVID-19.

"Dari 22 tower yang diajukan bupati, alhamdulillah ada 18 tower yang bisa terealisasi di tahun 2021 anggaran sekitar Rp22 miliar," kata Illiza.

Selain itu, Illiza juga memberikan satu unit ambulans melalui rumah aspirasi, satu unit mobil pustaka keliling serta beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada anak-anak Simeulue di seluruh tingkatan dan juga yang sedang melanjutkan pendidikan di beberapa universitas swasta di Aceh.

Baca juga: Pansus DPRA: Pembangunan ribuan rumah layak huni di Aceh belum merata
 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022