Sebelumnya, sepanjang tahun 2012-2020 PT Pertamina EP Field Sangasanga berhasil mendapatkan Proper Hijau.
Samarinda (ANTARA) - PT Pertamina EP Field Sangasanga berhasil memperoleh predikat emas pada Proper 2021 yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

"Perjuangan dan capaian Proper Emas ini adalah kerja bersama. Hal ini yang akan terus kita utamakan dalam berkolaborasi," ujar Senior Manager PT Pertamina EP Field Sangasanga Gondo Irawan di Samarinda, Sabtu.

Gondo menjelaskan, bahwa Filosofi Inovasi Sosial Field Sangasanga selalu menitik beratkan pada kearifan lokal, yaitu 'Bakayuh Baimbai, Waja Sampai Kaputing' yang bermakna 'Berjuang Bersama-sama, Semangat Sampai Akhir'.

Sebelumnya, sepanjang tahun 2012-2020 PT Pertamina EP Field Sangasanga berhasil mendapatkan Proper Hijau.

"Alhamdulilah, tahun ini mampu meraih Proper Emas," ucap Gondo yang juga pernah membawa PT Pertamina EP Field Jambi meraih predikat Proper Emas saat menjabat Field Manager.

Selain itu, Gondo juga selalu menanamkan sudut pandang kepada semua pekerja di Sangasanga bahwa pengembangan inovasi sosial merupakan tanggung jawab bersama dan tidak menjadi tanggungan atau dilakukan oleh fungsi External Relation saja.


"Dalam aktualisasinya kami melibatkan tata nilai dari akhlak dengan Adapsi (Adapsi Penuh Strategi) dalam persiapan Proper Emas ini. Dukungan dari semua pihak terkait berpengaruh signifikan dalam raihan Proper emas ini," bebernya.

Ia pun mengaku, bangga dengan mitra binaan Field Sangasanga. Terlebih Field Sangasanga mampu menunjukan sinergi, kolaborasi dan arti dari kebersamaan dalam membangun negeri ini melalui program binaan.

"Sekali lagi tentu rasa syukur yang kembali kami ucapkan atas perolehan ini. Terima kasih kepada semua pihak baik internal maupun eksternal yang ikut membantu dengan sinergi terbaiknya dalam pencapaian Proper Emas di Field Sangasanga ini," tuturnya.

PT Pertamina EP Field Sangasanga memiliki tiga distrik wilayah kerja, yaitu Sangasanga, Anggana dan Samboja dengan total sumur produksi saat ini sebanyak 125 sumur dan produksi terbesar dari distrik Anggana, yaitu sumur NKL-1130 sebesar 382 bopd dan sumur NKL-1131 sebesar 209 bopd.

Untuk diketahui, pencapaian produksi minyak PT Pertamina EP Field Sangasanga hingga saat ini sebesar 4.739 bopd atau 87 persen dari target, sedangkan produksi gas sebesar 3.38 mmscfd.

"Secara angka existing pencapaian produksi Sangasanga sampai saat ini sebesar 99 persen," jelasnya.
Baca juga: Wapres serahkan Penghargaan Proper Tahun 2021
Baca juga: PT Semen Padang raih Proper Hijau 2021 dari Kementerian LHK
Baca juga: PTBA raih penghargaan Proper Emas 2021

Pewarta: Gunawan Wibisono/R'sya R
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022