Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita ekonomi pada Sabtu (1/1/2022) kemarin masih menarik dan layak disimak, antara lain PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMF) dan PT Citilink Indonesia (Citilink) menindaklanjuti rekomendasi Ditjen Hubud Kemenhub hingga belanja infrastruktur Kementerian PUPR pada 2021.

Berikut berikut selengkapnya:

GMF dan Citilink tindaklanjuti rekomendasi Ditjen Hubud

PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMF) dan PT Citilink Indonesia (Citilink) memastikan seluruh rekomendasi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) c.q. Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kemenhub, yang disampaikan dalam surat pada 22 Desember 2021, telah ditindaklanjuti.

Direktur Utama GMF Andi Fahrurrozi menyatakan pihaknya telah menjalankan sejumlah langkah perbaikan setelah GMF melakukan investigasi dan identifikasi terhadap faktor-faktor yang berkontribusi pada status hold item list (HIL) pada brake 19 pesawat milik Citilink yang dioperasikan pada 1-17 Desember 2021.

Pemerintah Indonesia larang ekspor batu bara hingga 31 Januari 2022

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melarang sementara ekspor batu bara periode 1 sampai 31 Januari 2022 untuk menjamin ketersediaan pasokan baru bara pembangkit listrik di dalam negeri.
Kebijakan pelarangan ekspor itu ditujukan kepada pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) atau IUPK tahap kegiatan Operasi Produksi, IUPK Sebagai Kelanjutan Operasi Kontrak/Perjanjian dan PKP2B.

PLN gelontorkan Rp87,7 triliun untuk proyek kelistrikan sepanjang 2021

PT PLN (Persero) menggelontorkan investasi sebesar Rp87,7 triliun untuk pembangunan berbagai proyek kelistrikan demi meningkatkan keandalan dan pemerataan listrik di Indonesia sepanjang tahun 2021.
"Sepanjang 2021, kami membangun infrastruktur kelistrikan berupa pembangkit listrik, gardu induk dan transmisi dengan total sebanyak 175 infrastruktur," kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

LPEI harap bisa cetak semakin banyak eksportir pada 2022

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank berharap bisa mencetak semakin banyak eksportir dari pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada 2022.
"Semoga di tahun 2022 komoditas Indonesia dapat terus meningkatkan daya saing di pasar global dan menghasilkan eksportir-eksportir baru melalui program Jasa Konsultasi LPEI," kata Corporate Secretary LPEI Agus Windiarto dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (1/1).

Realisasi belanja infrastruktur PUPR 94,21 persen hingga Desember 2021

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan realisasi belanja infrastruktur mencapai 94,21 persen hingga akhir Desember 2021.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengingatkan agar terus meningkatkan kualitas belanja APBN dengan memperhatikan tiga prinsip reformasi anggaran belanja, yakni ekonomis (spending less), efektif (spending well) yakni tepat sasaran, dan efisien (spending wisely).

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022