Semarang (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia (DPP LVRI) ingin menjadikan generasi muda berkarakter kebangsaan yang kuat sehingga mereka tidak mudah terombang-ambing oleh derasnya arus informasi yang bermacam-macam paham.

Oleh karena itu, kata Ketua Umum DPP LVRI Mayjen TNI (Purnawirawan) Saiful Sulun, pihaknya terus menyosialisasikan program Jiwa, Semangat, dan Nilai-Nilai Juang 1945 atau JSN '45 kepada seluruh elemen bangsa.

"Program Sosialisasi JSN '45 adalah komitmen yang sudah dirintis LVRI sejak 2012, dan hingga kini masih konsisten disosialisasikan kepada seluruh elemen bangsa, khususnya kalangan pendidikan," kata Mayjen TNI Purn. Saiful Sulun dalam rilisnya yang diterima ANTARA di Semarang, Minggu.

Ketika memberi sambutan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-65 LVRI, pada tanggal 2 Januari 2022, Saiful Sulun menegaskan bahwa JSN '45 adalah ruh dan napas para pejuang, semangat cinta tanah air, rela berkorban, percaya kemampuan diri, dan pantang menyerah.

Ia mengatakan bahwa pihaknya mengagumi nilai-nilai itu karena terbukti telah berhasil menjadikan bangsa ini merdeka. Untuk itu, LVRI bertekad menjadikan JSN '45 menjadi sumber inspirasi bagi perjuangan bangsa.

Di lain pihak, kata dia, perkembangan teknologi informasi yang mengalir tanpa batas ruang dan waktu telah membawa berbagai muatan, baik positif maupun negatif.

Baca juga: LVRI: Abadikan kisah veteran lewat lomba karya tulis

Baca juga: LVRI ajak elemen bangsa mengingat pengorbanan para pendiri bangsa


"Kewajiban kami adalah mengalirkan energi positif agar mereka terbebas dari pengaruh yang bisa membahayakan persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia," tuturnya.

Untuk menyemangati peringatan pada tahun ini, pihaknya memilih tema "Legiun Veteran RI bersama kekuatan nasional lainnya siap mendukung dan mengamankan pembangunan nasional terutama dalam menanggulangi pandemi COVID-19".

Tema ini, lanjut dia, akan menjadi pedoman bagi arah dan kelanjutan perjuangan seluruh anggota LVRI mengingat pandemi COVID-19 hingga saat ini belum juga berakhir.

Ia meminta semua pihak tetap mendukung upaya pemerintah dalam membasmi COVID-19 hingga tuntas. Hal ini mengingat perjuangan melawan COVID-19 belum berakhir.

"Anggota LVRI harus tetap waspada dan tidak boleh lengah. Disiplin mematuhi protokol kesehatan harus melekat pada diri setiap anggota veteran maupun teladan bagi orang lain," ujarnya.

Ketua Umum DPP LVRI ini berharap seluruh tingkatan organisasi, baik DPP, DPD, DPC, sampai DPR agar tetap menyatu dengan masyarakat dan menjalin hubungan dengan jajaran pemerintah dan institusi TNI/Polri.

Ia lantas berpesan, "Perkuat soliditas sesama anggota dan berbuat yang terbaik agar veteran selalu di hati masyarakat dan menjadi kesatria dalam bersikap."

Pewarta: D.Dj. Kliwantoro
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022