Saat pemain ini masuki usia emas, Indonesia akan memiliki tim yang saya rasa bisa merajai Asia Tenggara
Surabaya (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, bangga terhadap perjuangan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 yang meraih gelar runner up usai kalah agregat 2-6 atas Thailand.

"Perjuangan para pemain sangat luar biasa. Mereka telah mengeluarkan seluruh kemampuan untuk mendapatkan hasil terbaik. Buat pemain, saya tetap bangga dengan perjuangan yang berat itu," ujarnya di sela masa reses di Surabaya, Minggu.

Menurut dia, untuk skuad saat ini dilihatnya sudah ada progres luar biasa, terlebih pemain-pemain yang tampil rata-rata berusia 23 tahun.

Baca juga: Menpora apresiasi timnas Indonesia meski gagal juara Piala AFF 2020

"Artinya, tim ini dapat terus berkembang jika mendapat pembinaan yang tepat," ucap senator asal daerah pemilihan Jawa Timur tersebut.

LaNyalla yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum PSSI itu juga optimistis pada 2-3 mendatang Indonesia akan memiliki tim tangguh.

"Saat pemain ini masuki usia emas, Indonesia akan memiliki tim yang saya rasa bisa merajai Asia Tenggara. Dengan catatan, jangan sampai pembinaan ini terputus," katanya.

LaNyalla juga berharap pemain dapat terus berproses dan meningkatkan kemampuan.

"Buat Asnawi dan kawan-kawan, terima kasih atas perjuangannya. Terima kasih telah memberikan permainan terbaik dan tetap membanggakan. Teruslah berproses menjadi pemain-pemain terbaik dan berkualitas," tutur dia.

Baca juga: Shin Tae-yong menatap sukses turnamen lain

Sementara dalam Piala AFF 2020, Indonesia memastikan diri menjadi peringkat kedua Piala AFF 2020 setelah mengimbangi Thailand 2-2 pada leg kedua final di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu malam.

Hasil tersebut membuat Indonesia yang takluk 0-4 pada leg pertama, kalah agregat 2-6 dari Thailand yang keluar sebagai juara turnamen.

Thailand pun tercatat sebagai negara tersukses dalam Piala AFF dengan enam gelar juara. Sebelumnya, status serupa diraih Thailand pada 1996, 2000, 2002, 2014 dan 2016.

Sementara Indonesia menjadi negara paling banyak menjadi runner-up Piala AFF sebanyak enam kali dan belum pernah sekali pun mencicipi trofi turnamen ini. Pencapaian sama dicatatkan Indonesia pada 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016.

Namun, Indonesia tidak kembali ke Indonesia dengan tangan kosong. Skuad Garuda dinobatkan sebagai tim yang paling menjunjung sportivitas (Fair Play Team Award) dan bek kiri Pratama Arhan diberi status pemain muda terbaik Piala AFF 2020.

Baca juga: Ricky Kambuaya tak terbuai status pemain terbaik leg kedua final AFF
Baca juga: Presiden Jokowi bangga atas perjuangan Timnas Indonesia di Piala AFF


Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022