Jakarta (ANTARA) - Menjelang gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2022, Samsung Electronics hari ini memperkenalkan Micro LED, Neo QLED, dan Lifestyle TV generasi terbaru.

CES merupakan acara tahunan yang paling ditunggu di sektor teknologi yang di dalamnya terdapat pameran dan sejumlah acara konferensi. Tahun ini, CES dijadwalkan digelar di pada 5-7 Januari di Las Vegas.

Pada gelaran tersebut, Samsung akan membawa Micro LED, Neo QLED, dan Lifestyle TV dengan berbagai peningkatan dari segi kualitas gambar dan suara.

Baca juga: Pameran teknologi CES akan berakhir satu hari lebih awal

Micro LED

Micro LED yang akan diluncurkan Samsung pada CES 2022 hadir dalam tiga ukuran, yakni 110, 101, dan 89 inci. Dari segi desain, Smart TV Samsung tersebut memiliki bezel yang super tipis dengan rasio screen-to-body mencapai 99,99 persen, dikutip dari keterangan resmi pada Senin.

Dengan 25 juta LED berukuran mikrometer, Smart TV terbaru itu dapat menciptakan pengalaman mengesankan melalui warna-warna cerah, ketajaman, dan kontras yang tinggi.

Micro LED yang akan diluncurkan Samsung pada 2022 juga mendukung kedalaman warna greyscale 20-bit, memberikan pengalaman HDR yang baik, color gamut 100 persen DCI dan Adobe RGB.

Smart TV terbaru tersebut juga memiliki sejumlah fitur, di antaranya Art Mode yang memungkinkan pengguna mengubah ruangan menjadi galeri seni karena mereka dapat memilih dan menampilkan karya seni digital favorit mereka. Micro LED 2022 juga dilengkapi dua media eksklusif dari seniman dan desainer terkenal Refik Anadol.

Ada pula fitur Multi View yang memungkinkan pengguna dapat melihat konten dari empat sumber yang berbeda secara bersamaan dalam resolusi 4K hingga 120 fps. Selain itu, terdapat teknologi Dolby Atmos yang memberikan pengalaman audio imersif utama dengan speaker yang terletak di atas, samping, dan bawah.

Baca juga: Samsung hadirkan Exynos 2200 pada Januari 2022

Neo QLED

Berkat prosesor Neo Quantum serta kemajuan teknologi gambar dan suara, Neo QLED 2022 akan memberikan tampilan gambar yang paling jernih dan soundscapes yang imersif.

Prosesor Neo Quantum tahun ini memperkenalkan pemetaan kontras canggih dengan BLU (unit back-light), meningkatkan tingkat kecerahan dari gradasi 12 hingga 14-bit.

Samsung Neo QLED 2022 juga dilengkapi Real Depth Enhancer, algoritma kualitas gambar multi-intelijen. Kemajuan teknologi ini menciptakan rasa realisme yang lebih besar.

Selain itu, Samsung Neo QLED 2022 memiliki fitur mode EyeComfort, yang secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan sensor cahaya dan informasi terbit atau terbenamnya matahari. Hal ini memungkinkan pengalaman menonton yang lebih nyaman di malam hari dengan mengurangi blue light yang dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang.

Fitur suara di Neo QLED 2022 juga mengalami peningkatan, yakni terdapat OTS (Object Tracking Sound) Pro yang menggabungkan speaker up-firing yang kuat untuk menciptakan surround sound. Terdapat pula teknologi Dolby Atmos dengan speaker yang ditempatkan di seluruh bingkai TV.

Baca juga: LG Display akan pamerkan layar OLED terbaru di CES 2022

Lifestyle TV

Lifestyle TV Samsung 2022 memadukan desain dan teknologi untuk menciptakan pengalaman yang unik.

Matte Display pada Lifestyle TV tahun ini memiliki sifat anti-silau, anti-refleksi dan anti-sidik jari pada The Frame, The Sero dan The Serif. Matte Display tersebut menerima tiga menerima tiga verifikasi dari Underwriter Laboratories (UL) yaitu Reflection Glare Free, Discomfort Glare Free dan Disability Glare Free.

The Frame menawarkan pengalaman menonton karya seni yang paling realistis berkat teknologi anti-silau dan rendah pantulan, dan hadir dalam berbagai ukuran mulai dari 32 hingga 85 inci.

The Serif hadir dengan dilengkapi matte finish pada bodi yang berbaur dengan Matte Display sehingga mengangkat kesan ikonik dan premium. Ukuran yang ditawarkan The Serif adalah 43 inci hingga 65 inci.

The Sero menawarkan pengalaman menonton yang dioptimalkan dengan Matte Display baru dalam mode vertikal dan horizontal. Terdapat fitur Multi View yang ditingkatkan, memungkinkan pengguna menonton konten yang berbeda di bagian atas dan bawah layar, atau mencari informasi secara online sambil menonton sesuatu.


Baca juga: Microsoft tak hadir secara langsung di CES 2022

Baca juga: TikTok kini bisa diakses lewat Smart TV

Baca juga: Samsung perkuat jajaran Lifestyle TV, dukung interior dan gaya hidup


 

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022