masyarakat agar lebih disiplin menjalankan prokes
Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan kabupaten/kota se-Babel nihil penambahan kasus COVID-19, sehingga kumulatif orang terpapar virus Corona itu sebanyak 52.360 jiwa.

"Hari ini tidak ada penambahan kasus harian COVID-19, sehingga jumlah pasien aktif menjalani isolasi 13 orang," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Senin.

Ia menjelaskan berdasarkan data terbaru, tidak ada penambahan kasus harian di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur.

"Hari ini hanya ada dua pasien COVID-19 sembuh di Kabupaten Bangka Tengah, sehingga pasien yang masih menjalani isolasi berkurang menjadi 13 orang," katanya.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Babel berkurang jadi 15 orang
Baca juga: Terima APD COVID-19, PMI gencarkan vaksinasi di Bangka Belitung

Ia mengatakan sebanyak 13 orang pasien COVID-19 yang menjalani isolasi tersebar di Pangkalpinang 4 orang, Bangka Tengah 3, Bangka Selatan 3, Bangka 2 dan Bangka Barat 1, sementara Belitung dan Belitung Timur tidak ada pasien yang menjalani isolasi.

"Saat ini, 7 dari 13 pasien COVID-19 menjalani isolasi mandiri, sementara sisanya di rumah sakit rujukan karena memiliki penyakit bawaan," ujarnya.

Menurut dia meski kasus COVID-19 sudah semakin melandai, namun pengawasan penerapan protokol kesehatan di ruang publik tetap diperketat guna mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 ini.

Selain itu, Satgas bersama instansi terkait lainnya juga menggencarkan program vaksinasi ke sekolah, seluruh pelosok desa dan pulau terpencil untuk meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19.

"Kami mengimbau masyarakat agar lebih disiplin menjalankan prokes dan segera mengikuti vaksinasi di pusat-pusat pelayanan kesehatan," katanya. 

Baca juga: Pasien COVID-19 meninggal di Babel bertambah jadi 1.462 orang

Pewarta: Aprionis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022