San Salvador (ANTARA News) - Selusin negara Amerika Latin mengalirkan dukungan mereka kepada gubernur bank sentral Meksiko (Banco de México) Agustin Carstens untuk menjadi Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF).

"Negara-negara itu menyatakan dukungan untuk Carstens dan mengundang pemerintah lainnya di Amerika untuk bergabung dengan mereka," kata Menteri Luar Negeri Kolombia Maria Angela Holguin, membacakan pernyataan di sidang umum Organisasi Negara-negara Amerika (OAS), Rabu WIB.

Negara-negara tersebut yakin akan perlunya mendorong partisipasi lebih besar negara berkembang di kawasan itu dalam memilih pengganti Dominique Strauss-Kahn sebagai kepala badan keuangan dunia itu.

Negara-negara yang mendukung bankir Meksiko berusia 52 tahun itu adalah Belize, Bolivia, Kolombia, Honduras, Guatemala, Nikaragua, Panama, Paraguay, Peru, Dominika Republik, Uruguay dan Venezuela.

Berdasarkan kesepakatan tak tertulis, kepemimpinan Dana Moneter Internasional menjadi jatah Eropa sejak didirikan pada 1945, sementara Amerika menduduki jabatan tertinggi di Bank Dunia.

Strauss-Kahn mengundurkan diri bulan lalu setelah dituduh mencoba memperkosa seorang pelayan kamar hotel di New York.

Menggembar-gemborkan surat kepercayaan itu, Carstens telah menggelar satu tur internasional untuk mempromosikan dirinya.

Setelah pertemuan di Ottawa, Selasa, Carstens mengatakan bahwa Menteri Keuangan Kanada Jim Flaherty dan Gubernur Bank of Canada (bank sentral Kanada) Mark Carney telah mengindikasikan kepadanya bahwa Kanada "akan menyambut calon dari negara berkembang" untuk pekerjaan itu, tapi tidak mengungkapkan siapa orangnya.

Menteri Keuangan Prancis Christine Lagarde juga telah memulai misi serupa.

Di Beijing, Rabu, setelah pembicaraan di India yang tidak menghasilkan dukungan kepadanya, Lagarde bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Yang Jiechi, yang setelah pertemuan mereka mengatakan untuk secara terbuka berlomba untuk memimpin IMF.(*)

A026/S006

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011