Jakarta (ANTARA) - Kemenangan petenis Hubert Hurkacz atas wakil Georgia dalam sesi pertandingan ketiga membuat Polandia kini berada di puncak klasemen penyisihan Grup D ATP Cup setelah memetik dua kemenangan.

Hurkacz menjadi penentu kemenangan 3-0 atas Georgia, meski sempat tertinggal pada set pertama saat memainkan laga melawan petenis peringkat 571 Aleksandre Metreveli di Ken Rosewall Arena, Sydney, Senin, yang berakhir 6-7(5), 6-3, 6-1.

"Dia bermain bagus pada set pertama dan segalanya tidak berjalan sesuai keinginan saya. Tapi saya menjadi lebih baik dalam setiap set dan saya senang bisa menang," kata Hurkacz dalam laman resmi ATP.

Petenis peringkat sembilan versi ATP itu sempat khawatir pada malam sebelum pertandingan karena berpotensi bertemu Nikoloz Basilashvili yang menduduki peringkat ke-22. Segala persiapan yang sudah disusun tiba-tiba berubah saat dia dipastikan bertemu Metreveli.

"Kondisinya juga berbeda dari pertandingan pertama di Qudos Bank Arena. Bola memantul sedikit lebih tinggi dan lebih cepat, jadi saya perlu beradaptasi. Tapi saya terbantu karena punya pendukung Polandia yang mendukung kami. Mereka hebat," kata dia.

Meski kalah pada set pertama, Hurkacz lebih dominan melakukan servis. Dia melepaskan 16 ace, memenangkan 80 persen poin servis pertama, 69 persen poin servis kedua dan tidak menghadapi break point.

Baca juga: Bautista tekuk Ruud saat Norwegia dan Georgia tersingkir dari ATP Cup

Sebelumnya rekan senegaranya Kamil Majchrzak juga membawa Polandia mencatat awal yang kuat ketika menang dua set langsung atas Aleksandre Bakshi dengan 6-1, 6-1 hanya dalam 53 menit.

"Saya berusaha membuat Bakshi banyak bergerak dan saya pikir itu adalah kunci kemenangan pertandingan," kata Majchrzak.

Polandia menyelesaikan pertandingan dengan skor sapu bersih juga lewat kontribusi ganda putra Szymon Walkow/Jan Zielinski mengalahkan pasangan Bakshi/Metreveli 6-7(2), 6-2, 10-6.

Tim Polandia bisa mengamankan tempat semi final jika bisa mengalahkan Argentina dalam pertemuan Rabu.

Format pertandingan Piala ATP menampilkan tunggal putra pada dua laga awal dan ditutup dengan ganda putra.

Setiap negara memainkan tiga pertandingan dalam penyisihan grup pada 1-6 Januari di Ken Rosewall Arena dan Qudos Bank Arena di Sydney Olympic Park.

Setiap tim yang menjadi pemenang grup berhak lolos ke babak empat besar yang akan dibagi selama dua hari pada 7-8 Januari, dan babak final pada 9 Januari.

Baca juga: Medvedev kalah mengejutkan dalam laga pembuka ATP Cup

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022