Capaian vaksinasi berhasil, penyebaran COVID-19 melandai dan paling penting keamanan saat Natal dan tahun baru juga terlaksana
Gorontalo (ANTARA) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan vaksinasi COVID-19 dosis satu hingga 3 Januari 2022 mencapai 77,24 persen persen atau 724.801 orang dari total sasaran sebanyak 938.409 orang.

Sedangkan capaian vaksin dosis kedua sebesar 46,24 persen atau 433.875 orang dan dosis tiga 60 persen atau 5.151 orang.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, atas pencapaian Provinsi Gorontalo yang berhasil menekan laju penyebaran COVID-19 dan juga melampaui target nasional vaksinasi di atas 75 persen,” kata Rusli Habibie di Gorontalo, Senin.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 dosis 1 di Gorontalo Utara lampaui target

Menurutnya, pencapaian tersebut merupakan kerja keras bersama antar-Forkopimda provinsi dan kabupaten/kota, bupati/wali kota, tenaga kesehatan (nakes), perguruan tinggi, sektor swasta, tokoh agama, tokoh adat dan seluruh elemen masyarakat.

“Capaian vaksinasi berhasil, penyebaran COVID-19 melandai dan paling penting keamanan saat Natal dan tahun baru juga terlaksana,” imbuhnya.

Keberhasilan itu, juga merupakan indikator kepatuhan masyarakat Gorontalo terhadap semua imbauan pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Baca juga: Pemprov Gorontalo targetkan vaksinasi COVID-19 minimal capai 75 persen

Seluruh jajaran di daerah juga telah melaksanakan tugas sesuai dengan Instruksi Presiden Joko Widodo pada kementerian dan lembaga masing-masing.

“Kita semua telah bekerja keras, cerdas dan ikhlas untuk mencapai target 75 persen cakupan vaksinasi pada akhir bulan Desember dan hal itu dibuktikan kita mampu capai 77 persen. Saat Natal dan tahun baru juga kita meyakini bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada semua lapisan masyarakat itu juga terlaksana,” ujarnya.

Baca juga: Pemprov Gorontalo gencarkan vaksinasi hingga akhir tahun

Ia mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan disiplin menjalankan protokol kesehatan, karena hal itu menjadi kunci perlindungan diri dari COVID-19 selain vaksinasi.

Berdasarkan data Dinas kesehatan Provinsi Gorontalo jumlah terpapar COVID-19 di Gorontalo per 2 Januari 2022 total ada 11.859 kasus, yang terdiri dari sembuh 11.387 orang, meninggal 461 jiwa, dan sedang dirawat satu orang.

Baca juga: Warga yang divaksinasi COVID-19 di Gorontalo Utara naik signifikan

Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022