Jakarta (ANTARA) - TNI Angkatan Laut melanjutkan kemitraan bersama empat bank yaitu Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Syariah Indonesia (BSI) untuk mengelola anggaran gaji dan non gaji yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kemitraan itu tertuang dalam perjanjian kerja sama yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Keuangan TNI Angkatan Laut (Kadiskual) Laksamana Pertama TNI Poedji Santoso bersama para pejabat yang mewakili masing-masing bank di Auditorium Denma Markas Besar TNI AL, Jakarta, Senin.

Perwakilan dari empat bank yang menandatangani perjanjian kerja sama bersama TNI AL, yaitu Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto, Direktur Bisnis Wholesale dan Kelembagaan BRI Agus Noorsanto, Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar dan Direktur Kelembagaan BSI Anton Sukarna.

Baca juga: KPK dan TNI AL jalin kerja sama terkait pemanfaatan rutan

“Kerja sama yang telah terjalin selama bertahun-tahun dan kami lanjutkan hari ini merupakan bukti dari implementasi atas kepercayaan, manfaat, dan itikad baik yang telah dijalankan bersama dengan penuh rasa tanggung jawab dilandasi prinsip saling menguntungkan,” kata Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono usai menyaksikan penandatanganan dokumen kerja sama sebagaimana dikutip dari siaran tertulis TNI AL.

Oleh karena itu, TNI AL terus memperpanjang kerja sama dengan bank mitra pemerintah tiap tahunnya untuk mengelola anggaran gaji dan non gaji yang bersumber dari APBN.

Dalam siaran yang sama, Yudo menjelaskan TNI AL pada 2022 menambah layanan satuan kerja (satker) mitra bank, yang tugas itu akan dijalankan oleh Lanal Labuan Bajo, Satlinlamil 3 Makassar, dan Lanmar 3 Sorong.

Tidak hanya itu, TNI AL pada tahun ini juga membangun kerja sama dengan Bank Syariah Indonesia untuk bermitra dengan satuan kerja Lanal Sabang dan Lanal Lhokseumawe. Kerja sama dengan bank syariah itu mengacu pada Peraturan Daerah Aceh/Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah.

Dalam kegiatan itu, pejabat TNI AL yang turut hadir di antaranya Wakil Kepala Staf TNI AL Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, Irjenal Laksda TNI Abdul Rasyid K, Waaspers Kasal Brigjen TNI (Mar) Endang Taryo, para Kadis Mabesal, Dirut Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Dirut BNI Royke Tumilaar, Dirut BRI Sunarso, dan Dirut BSI Hery Gunardi.

Baca juga: Jelang HUT ke-59, Kowal pertegas komitmen selalu bantu masyarakat
Baca juga: TNI AL tarik kapal pengungsi Rohingya di perairan Aceh

 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022