Kemarin, saya bisa menjual pakaian seragam sampai 1.000 stel
Jakarta (ANTARA) - Pedagang pakaian seragam sekolah di Pasar Slipi Jakarta Barat menyatakan ramai pembeli menjelang diberlakukannya pembelajaran tatap muka (PTM) dengan kapasitas hingga 100 persen.

Seorang pedagang pakaian seragam sekolah di Pasar Slipi, Jakarta Barat, Tasmir, Senin, mengatakan, pembeli pakaian seragam sekolah ramai pada hari Minggu (2/1) kemarin. "Kemarin, saya bisa menjual pakaian seragam sampai 1.000 stel," katanya.

Menurut Tasmir, pembeli seragam ramai mulai Sabtu (1/1) dan puncaknya pada Minggu (2/1). Ditanya soal harga, Tasmir menjelaskan, pakaian seragam SD Rp150.000 per stel, seragam SMP dan SMA Rp200.000 per stel. "Selama dua hari kemarin, saya bisa meraih omzet sampai Rp20 juta," katanya.

Tasmir menyatakan, bersyukur dengan kondisi kembali aktifnya kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan kapasitas penuh 100 persen. Sebelumnya, pelaksanaan PTM dengan kapasitas maksimal 50 persen. "Mudah mudahan kondisi ini bertahan terus supaya perekonomian kita juga bertahan," kata Tasmir.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menerapkan PTM terbatas mulai Senin 3 Januari 2022, dengan peserta didik dapat 100 persen, sesuai dengan kalender pendidikan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdian melalui keterangannya di Jakarta, Minggu (2/1), mengatakan, relaksasi kebijakan tersebut diterapkan dengan pertimbangan terkendalinya pandemi COVID-19 di Jakarta pada PPKM Level 1.

PPKM Level 1 dilaksanakan dengan ketentuan, mulai dari capaian vaksinasi dosis dua pada pendidik dan tenaga kependidikan di atas 80 persen, capaian vaksinasi dosis dua pada lansia di atas 50 persen serta vaksinasi pada peserta didik yang terus berlangsung sesuai aturan di tingkat kota/kabupaten.

PTM terbatas dilaksanakan setiap hari. Jumlah peserta didik dapat 100 persen dari kapasitas ruang kelas dan waktu belajar hingga enam jam pelajaran per hari.
"Protokol kesehatan harus menjadi perhatian utama bagi seluruh warga sekolah," tutur Nahdiana.

Baca juga: 10.429 sekolah di DKI gelar PTM kapasitas 100 persen
Baca juga: PTM terbatas di DKI dengan kapasitas hingga 100 persen mulai Senin

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022