Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyampaikan catatan nihil kecelakaan (zero accident) merupakan pencapaian penting TNI AU pada 2021.

Menurut dia, catatan nihil kecelakaan menunjukkan prajurit TNI AU mampu mencapai tujuan bersama yaitu keselamatan personel dan keluarga besar TNI AU.

“Kita patut bersyukur tahun 2021 dapat kita lalui dengan raihan zero accident. Ini adalah pencapaian penting dan terbesar TNI AU tahun 2021 di mana kita dapat mempertahankan kekuatan alutsista yang dimiliki dan yang paling penting adalah keselamatan personel dan keluarga besar TNI AU,” kata Kasau dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Kasau Marsekal Madya TNI A Gustaf Brugman saat Apel Luar Biasa di Mabes TNI AU, Jakarta, Senin.

Oleh karena itu, Kasau memberikan apresiasi kepada seluruh prajurit TNI AU karena pencapaian itu.

Baca juga: TNI AU pastikan beli pesawat tempur Rafale dan F-15 EX

Kasau menyampaikan TNI AU telah berada pada jalur yang tepat untuk melanjutkan pembinaan kemampuan, pemeliharaan kekuatan, dan pengelolaan anggaran.

Di bidang tata kelola anggaran, Kasau menyampaikan TNI AU pada 2021 berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Kemudian untuk 2022, Fadjar meminta seluruh prajurit TNI AU tetap memperkokoh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, menanamkan budaya keselamatan kerja, dan menumbuhkan kesadaran pentingnya keselamatan di tempat kerja.

Baca juga: Lanud Halim direvitalisasi, TNI AU pindahkan empat skuadron udara

Di samping itu, Marsekal Fadjar mendorong seluruh personel TNI AU menciptakan suasana yang kondusif dan inklusif di satuannya masing-masing serta menjaga kehormatan diri sebagai seorang prajurit.

Masing-masing prajurit TNI AU, katanya,  diharapkan meningkatkan kemampuan diri, hard skill dan soft skill, menjaga kolaborasi serta terus bersinergi dengan berbagai kelompok masyarakat sehingga pertahanan negara yang solid dapat terwujud.

Baca juga: Kasau melantik 207 perwira baru perkuat TNI AU

“Mari bersama-sama kita jaga optimisme dengan semangat persatuan yang kuat serta saling bahu-membahu untuk melaksanakan tugas dan amanah bangsa kepada TNI AU,” kata Kasau.

Apel Luar Biasa TNI AU yang digelar di Mabesau, Jakarta, Senin, diikuti seluruh prajurit dan PNS di lingkungan TNI AU. Beberapa perwira tinggi yang hadir, antara lain Irjenau, Koorsahli Kasau, para asisten Kasau, Kapuslaiklambangjaau, dan Kabalakpus Mabesau.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022