Jakarta (ANTARA) - Pebalap Spanyol Joan Barreda Bort memenangi etape 2 Reli Dakar 2022 kategori sepeda motor setelah menyelesaikan special stage (SS) dari Ha'il ke Al Qaisumah, Senin dengan waktu tercepat.

Sang pebalap tim Honda finis lima menit 33 detik lebih cepat dari Sam Sunderland dari tim GasGas di saat juara bertahan Kevin Benavides menjadi wakil KTM di peringkat tiga, dengan gap lima menit 54 detik, demikian laman resmi Dakar.

"Hari ini opsi satu-satunya adalah menekan setelah kesalahan besar yang terjadi kemarin, tapi kami baru pada hari kedua," kata Barreda setelah meraih kemenangan etape ke-28 dalam kariernya di Dakar.

"Tentunya, hari-hari kami masih panjang dengan navigasi yang sulit. Jadi bagi saya hari ini adalah baik untuk memulihkan perasaan yang bagus."

Baca juga: Sanders perlebar jarak dari Quintanilla setelah Etape 1 Reli Dakar

Dengan kemenangan itu, Barreda naik ke peringkat sepuluh klasemen umum sementara, sedangkan Sunderland menjadi pemuncak klasemen baru, menggeser Daniel Sanders ke peringkat tiga dengan selisih tiga menit 29 detik.

Sanders, yang memenangi prolog dan etape 1B mendapat tugas berat membuka jalan setelah start paling awal dan sempat tersesat setelah 150km bersama Matthias Walkner dan, oleh karena itu, kehilangan cukup banyak waktu.

Sedangkan Adrien Van Beveren sementara ini menghuni peringkat dua klasemen untuk tim Yamaha dengan margin dua menit 51 detik.

Walkner menjadi pebalap KTM terdepan di peringkat empat meski hari ini finis P14 dan Howes mengamankan peringkat lima klasemen untuk Husqvarna.

"Selalu menyenangkan menjadi pemimpin di reli ini, tapi jalan masih panjang," kata Sunderland.

"Ini tidak berarti banyak karena kami tahu balapan ini. Navigasi sangat sulit dan sepertinya setiap hari ketika pebalap membuka jalan mereka kehilangan banyak waktu.

"Masih banyak hari-hari yang sulit, saya sakit akan banyak terjadi pergantian, tapi tentunya memimpin terasa menyenangkan dan ini menunjukkan kami berada pada jalur dan memiliki kecepatan yang tepat."

Baca juga: Al-Attiyah menangi etape pertama Dakar, Peterhansel kecelakaan

Sementara itu, juara Dakar dua kali Toby Price mulai menemukan kecepatan setelah mampu finis P5 untuk KTM, di saat Skyler Howes membawa Husqvarna finis P4.

Rui Goncalves, yang tampil mengejutkan pada awal hari dengan merebut pimpinan lomba setelah checkpoint pertama dengan keunggulan lebih dari enam menit dari pemenang etape, pada akhir etape diganjar penalti 15 menit karena melewatkan waypoint, menjelaskan keunggulan yang ia dapati di awal sesi.

Sedangkan mantan pebalap MotoGP Danilo Petrucci, setelah tampil impresif finis P13 di etape pertama, mengalami masalah mekanis dengan motor KTMnya setelah km115.

Gagal memperbaiki motornya, Petrucci meminta penyelenggara untuk menerbangkan dia ke bivouac, sehingga sang pebalap Italia gugur dari kompetisi.

Namun, berkat peraturan baru yang diperkenalkan di Dakar tahun ini, Petrucci diperbolehkan melanjutkan balapan pada Selasa untuk melanjutkan upaya transisi dari balap sirkuit ke reli.

Etape 2 dan 3 batal dihelat sebagai etape maraton setelah bivouac tempat menginap kru dan pebalap kebanjiran menyusul hujan deras yang turun di Arab Saudi pada Sabtu.

Sebagai dampaknya, special stage setiap etape tidak mengalami perubahan, namun rute liaison kedua, yang semula finis di Al Artawiyah akan berganti titik akhir di bivouac Al Qaisumah, terletak 100km dari Kuwait.

Etape 3 akan menempuh rute memutar di Al Qaisumah dengan spesial stage sejauh 255km.

Baca juga: Bivouac kebanjiran, Dakar 2022 batalkan maraton untuk etape 2 dan 3
Baca juga: Ketenangan kunci Loeb hadapi Reli Dakar 2022

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022