Jakarta (ANTARA) - Penyerang timnas Spanyol Alvaro Morata dilaporkan telah "95 persen" akan bergabung kembali merumput di negaranya sebagai pemain baru Barcelona, menurut laporan media Spanyol AS, Selasa.

Eks pemain Real Madrid itu selangkah lagi menandatangani kontrak dengan klub rival mantan klubnya tersebut sebagai pemain pinjaman hingga akhir musim, dengan opsi permanen.

Morata saat ini bermain di Juventus, dengan status pinjaman dari Atletico Madrid. Dia bergabung dari Chelsea pada Juli 2020 dalam sebuah kesepakatan senilai 58 juta poundsterling.

Menurut AS, Barcelona telah mencapai kesepakatan dengan Juventus untuk peminjaman Morata selama enam bulan ke depan serta kesepakatan dengan Atletico untuk mempermanenkan di masa depan.

Baca juga: Usai dapatkan Ferran Torres, Barcelona kembali incar pemain Man City
Baca juga: Barcelona mulai 2022 dengan kemenangan atas Mallorca


Atletico sendiri masih belum sepenuhnya membayar Barca atas pinjaman Antoine Griezmann, yang termasuk opsi wajib mempermanenkan sang pemain. Hal tersebut dikatakan juga menjadi faktor bagi Atletico untuk melepaskan Morata ke Camp Nou.

Bila transfer ini terwujud, maka Xavi sudah bisa mengandalkan Morata untuk pertandingan Piala Super melawan mantan klubnya Real Madrid pada 12 Januari mendatang.

Morata akan bergabung dengan Ferran Torres sebagai pemain baru di Nou Camp, menyusul kepindahannya dari Manchester City senilai 55 juta poundsterling pekan lalu.

Barca berharap untuk menjual beberapa pemain di bursa transfer Januari untuk menyeimbangkan neraca keuangan mereka.

Mereka telah menawarkan Philippe Coutinho ke beberapa klub lainnya di Eropa, termasuk klub Liga Premier Inggris Everton.

Bek Samuel Umtiti juga kemungkinan besar akan dijual, sementara itu situasi Ousmane Dembele masih belum jelas setelah sang pemain menolak untuk menandatangani perpanjangan kontrak.

Kontrak Dembele akan habis di akhir musim ini dan dia sekarang sudah bisa melakukan pembicaraan dengan klub yang berminat untuk mendatangkannya.

Baca juga: Tiga pemain Barca dinyatakan positif COVID-19
Baca juga: Simeone menyerah tak akan halangi Trippier pindah ke Newcastle

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022