Jakarta (ANTARA) - Tim Italia yang sempat menderita kekalahan mengecewakan pada Minggu melawan Australia pada penyisihan Grup B Piala ATP 2022, kini mendapat hasil cukup bagus dengan mengantongi dua kemenangan sementara saat bertemu Prancis.

Dua kemenangan ini dicatatkan lewat tunggal putra Janik Sinner dan Matteo Berrettini dalam pertandingan yang berlangsung di Qudos Bank Arena, Sydney, Selasa.

Sinner membuka kemenangan bagi Italia dengan mengalahkan Arthur Rinderknech 6-3, 7-6(3). Petenis peringkat 10 dunia itu bangkit dari break di set kedua untuk meraih kemenangan setelah berjuang satu jam 37 menit.

Baca juga: Hurkacz antar Polandia puncaki Grup D ATP Cup

"Tidak pernah mudah bermain melawannya, ini sudah ketiga kalinya. Set pertama saya terkendali. Di set kedua saya sedikit menurunkan intensitas. Dia melakukan servis dengan sangat baik, itu membuat saya kesulitan. Beruntung saya menemukan jalan keluar," kata Sinner dikutip dari laman resmi ATP.

Sinner kini mencatatkan keunggulan 2-1 dalam pertemuan kontra Rinderknech.

Petenis Prancis itu bermain agresif dan menggunakan servis besarnya untuk mencegah Sinner mendominasi dari baseline. Namun satu kesalahan yang ia buat, memberikan Sinner bisa kembali mengontrol permainan di posisi kritis.

"Tenis juga soal menemukan solusi dan untungnya hari ini saya menemukannya. Jelas kami ingin menang, jadi kami akan mencoba untuk tetap fokus," ungkap Sinner.

Baca juga: Tim tenis Yunani nantikan kemeriahan Piala ATP di Australia

Berrettini tampil di laga kedua dan menggandakan keunggulan bagi Italia setelah menang 6-4, 7-6(6) atas Ugo Humbert. Ia tampil solid melawan Humbert yang sedang dalam performa terbaiknya, termasuk dengan mengalahkan peringkat dua dunia Daniil Medvedev pada hari Minggu.

"Tadi pertandingan yang sangat sulit, terutama dalam kondisi seperti ini. Dia memainkan servis yang hebat, pemain yang cerdik. Saya sangat senang dengan penampilan hari ini," ujar Berrettini.

Sebelumnya, Berrettini kalah dalam pertandingan pembukaannya musim ini melawan Alex de Minaur dengan dua set langsung, tetapi kali ini ia mendominasi lewat servisnya.

Petenis berusia 25 tahun ini membuat 18 ace dan memenangkan 85 persen poin dari servis pertamanya untuk membawa Italia menjadi 1-1 dalam skor penyisihan Grup B. Sedangkan Prancis belum mencatatkan satu kemenangan pun dalam dua pertandingan, setelah sebelumnya juga kalah melawan Rusia.

Tim Rusia dan tim tuan rumah Australia sama-sama mencetak 1-0, dan keduanya akan bertemu di Qudos Bank Arena Selasa malam.

Baca juga: Djokovic masuk tim Serbia untuk Piala ATP 2022 di Sydney

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022