Makassar (ANTARA News) - Kalangan anggota DPRD Sulawesi Selatan mendukung penuh pelaksanaan program electronic audit (e-audit) yang merupakan hasil kerja sama pemerintah provinsi dan 24 pemerintah kabupaten se-Sulsel dengan Badan Pemeriksa Keuangan.

Ketua DPRD Sulsel Moh Roem di Makassar, Kamis mengatakan, dengan adanya sistem pemeriksaan keuangan secara online ini, maka dapat mempermudah BPK dalam melakukan pemeriksaan keuangan daerah, baik ditingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten/kota.

"Saya kira ini satu langkah yang bagus. Undang-undang juga mengatur tentang hal itu. Makanya, MoU Pemprov Sulsel dan Pemerintah Kabupaten/Kota pada hari ini dengan gubernur di kantor gubernur, dapat mempermudah pemeriksaan BPK," katanya.

Bahkan, lanjut Roem, dengan sistem ini pemeriksaan pasti akan lebih bagus, lebih efektif dan dapat mencegah terjadinya manipulasi data.

"Tidak tidak ada lagi yang bisa ditutupi, termasuk terjadinya penyimpangan-penyimpangan," ujarnya.

Untuk itu, kata Roem, yang perlu dilakukan oleh BPK saat ini adalah bagaimana menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengelola e-audit ini.

"Saat ini yang diperlukan adalah SDM oleh BPK dalam mengelola sistem audit secara online ini. Termasuk untuk mengkoneksikan kita sebagai pemerintah untuk pengawasannya," katanya.

Roem menambahkan, meski pada awalnya akan mengalami kendala sistem online ini kedepannya diyakini akan mempercepat pemeriksaan BPK.

Untuk itu, infrastruktur harus siap. Mengingat, ini sangat penting untuk peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan. (AAT/M019/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011