Jakarta (ANTARA) - Aromaterapi diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun masih jarang yang tahu bahwa hal ini juga dapat mendatangkan kebaikan bagi kulit.

Selama bertahun-tahun, aromaterapi telah digunakan untuk menenangkan otak dan merilekskan tubuh. Di spa dan pusat kesehatan, aromaterapi digunakan untuk membantu orang agar merasa segar kembali, bahkan para ahli juga merekomendasikan penggunaannya sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang nyenyak selama beberapa jam.

Tapi bagaimana aromaterapi bermanfaat bagi kulit? Radhika Iyer, pendiri Beauty by Anahata, seorang pengusaha, yogini, pendaki gunung dan filantropi di India, mengatakan aroma memiliki hubungan langsung dengan emosi yang kita alami, dan aromaterapi digunakan untuk merangsang pikiran ke arah yang lebih positif.

Baca juga: Perhatikan ini saat membeli lilin aroma

Baca juga: Tips menikmati lilin aroma


"Ini melepaskan hormon yang bermanfaat dalam tubuh kita karena otak kita memberi sinyal bahwa itu dalam keadaan santai. Kulit kita sangat dipengaruhi oleh emosi kita selama periode waktu tertentu. Ketika dilakukan secara konsisten, aromaterapi dapat memiliki efek yang luar biasa pada kulit dan pikiran," kata Radhika dilansir Indian Express, Selasa.

Radhika lebih lanjut menyebutkan beberapa minyak esensial yang dapat membantu dalam perawatan kulit, di antaranya lavender, cendana dan rosemary.

Minyak esensial lavender disebut dapat menenangkan sistem saraf dan menyebabkan keadaan rileks dalam pikiran. Minyak ini juga melindungi kulit dari radikal bebas dan menghilangkan rasa lelah.

Cendana atau sandalwood, dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan diketahui membawa lebih banyak kelembapan atau mampu menghidrasi kulit.

Sementara minyak esensial rosemary diketahui mampu bekerja dengan melebarkan atau memperluas pembuluh darah Anda sehingga memungkinkan darah Anda menyerap lebih banyak oksigen.

Darah kemudian akan menjadi lebih sehat dan beroksigen sehingga menghasilkan nutrisi yang lebih baik untuk tubuh dan kulit.

Baca juga: Sebelum beli minyak esensial, perhatikan hal-hal berikut

Baca juga: Tiga cara agar anak mudah tidur di malam hari


Baca juga: Empat pilihan minyak esensial untuk pulihkan stamina

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022