Jakarta (ANTARA News) - Indonesia menyisakan dua ganda pada semifinal Thailand Grand Prix Gold, setelah pasangan Nova Widianto/Vita Marissa dan Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan meraih kemenangan pada perempat final, Jumat.

Pasangan Nova/Vita yang menjadi unggulan kedelapan hanya membutuhkan waktu 27 menit untuk mengalahkan andalan tuan rumah, unggulan pertama Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam 21-17, 21-14.

Sedangkan unggulan keempat ganda putra Alvent/Hendra menundukkan pasangan China Chai Biao/GuoZhendong 21-17, 21-18 untuk maju ke babak empat besar turnamen berhadiah total 120.000 dolar AS tersebut.

Selanjutnya Nova/Vita akan memperebutkan tempat di final dengan pasangan Korea Shin Baek Cheol/Kim Min Jung yang menang atas rekan senegara mereka, unggulan ketujuh Lee Yong Dae/Ha Jung Eun dengan skor ketat 25-23, 22-20.

Nova mengaku belum pernah bertanding melawan pasangan Korea tersebut sebelumnya. "Belum pernah, tetapi yang putra adalah juara Asian Games yang lalu," kata Nova mengenai Shen Baek Cheol yang menjuarai Asian Games berpasangan dengan Lee Hyo Jung tahun lalu.

Sedangkan Alvent/Hendra bertemu pemenang pertandingan antara unggulan kedua Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong dengan pasangan Malaysia Lim Khim Wah/Goh Wei Shem yang tampil pada partai terakhir, Jumat.

"Dengan pasangan Korea tersebut pernah jumpa di Macau tahun lalu, saya kalah, sementara yang Malaysia belum pernah," kata Alvent mengenai pasangan yang berpotensi menjadi lawannya di semifinal.

Sementara itu, langkah dua ganda putri Pelatnas gagal melaju ke semifinal setelah tersisih pada babak delapan besar.

Pasangan Gebby Ristiyani Imawan/Tiara Rosalia Nuraidah menyerah kepada unggulan ketujuh asal China Shu Cheng/Bao Yixin 10-21, 8-21, sedangkan pasangan Anneke Feinya Agustin/Nitya Krishinda tunduk kepada pasangan Malaysia Vivian Kah Mun Hoo/Woon Khe Wei 18-21, 19-21.

Adapun pemain tunggal putri Porntip Buranaprasertsuk menjadi penyelamat muka tuan rumah setelah menjadi satu-satunya pemain Thailand yang tersisa di semifinal, dengan mengalahkan unggulan delapan Sung Ji Hyun dari Korea 21-16, 21-19.

Unggulan keempat itu akan bertarung memperebutkan tempat di semifinal dengan pemain China, unggulan ketujuh Li Xuerui yang menyisihkan unggulan pertama asal India Saina Nehwal 21-13, 21-12.(*)
(T.F005/I015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011