Jakarta (ANTARA) - Komite Olimpiade Nasional (NOC) Iran mengonfirmasi akan mengikuti 26 dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan pada ajang Asian Games di Hangzhou, China, 10-25 September 2022.

Dalam laman resmi Dewan Olimpiade Asia (OCA), Selasa, NOC Iran telah mengadakan pertemuan bersama sejumlah stakeholder untuk membahas cabang olahraga yang akan mereka ikuti pada pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Dalam pertemuan itu, hadir Menteri Pemuda dan Olahraga Iran Dr. Seyed Hamid Sajjadi, Ketua NOC Indonesia Dr. Seyed Reza Salehi Amiri, Direktur Pusat Pemantauan Tim Nasional dan Chef de Mission, serta pejabat olahraga tingkat atas lainnya.

Adapun pemilihan 26 cabang olahraga yang akan diikuti pada Asian Games Hangzhou itu telah melalui berbagai pertimbangan, dan terbagi dalam tiga kategori, yakni cabang olahraga yang diharapkan meraih medali, olahraga yang memiliki peluang meraih medali dan olahraga yang dianggap tidak mungkin meraih medali.

Baca juga: Asian Games Hangzhou 2022 punya pondasi kuat berkat program pemasaran 
Baca juga: Pusat Akreditasi Asian Games Hangzhou 2022 telah beroperasi 


Salah satu cabang yang bakal diikuti Iran adalah esports, yang untuk kali pertama secara resmi dipertandingkan pada Asian Games Hangzhou. Selain itu juga ada Kabaddi, yang pada Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang, kontingen Iran memastikan dua medali emas.

Kemudian cabang lainnya adalah atletik, bola basket, tinju, anggar, bola voli, menembak, kano, angkat besi, gulat, taekwondo, karate kurash, wushu, sport climbing, skating, panahan, sepak bola, bola tangan, akuatik (renang/diving/polo air), senam, sepeda, catur, sepak takraw dan tenis meja.

Asian Games Hangzhou secara keseluruhan akan mempertandingkan 40 cabang olahraga, yang terdiri atas 61 disiplin dan 482 nomor pertandingan.

Selain Asia, Asian Games edisi ke-19 ini juga bakal diikuti negara-negara Oseania. Mereka akan turun pada lima cabang olahraga, yakni triatlon, atletik, wushu, sepatu roda dan angkat besi.

Secara keseluruhan, sebanyak 10.000 atlet diperkirakan tampil dalam pesta olahraga terbesar di Asia tersebut. Hangzhou akan menjadi kota ketiga di China yang menjadi tuan rumah Asian Games, setelah Beijing pada 1990 dan Guangzhou pada 2010. 

Baca juga: Ratusan atlet Oseania turun pada lima cabang olahraga Asian Games 2022 
Baca juga: OCA sebut persiapan Asian Games Hangzhou 2022 berjalan tanpa hambatan 

 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2022