IPB Ajak PT Jabar-Lampung Kembangkan Posdaya

IPB Ajak PT Jabar-Lampung Kembangkan Posdaya

Institute Pertanian Bogor (istimewa)

Bogor (ANTARA News) - Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P2SDM-LPPM) Institut Pertanian Bogor, mengajak perguruan tinggi di Provinsi Jawa Barat dan Lampung mengembangkan pos pemberdayaan keluarga melalui kuliah kerja nyata mahasiswa.

Kepala P2SDM LPPM IPB Dr Pudji Mulyono di Bogor, Jabar, Sabtu menjelaskan, ajakan tersebut didiskusikan dalam rapat koordinasi program pengembangan SDM dan pos pemberdayaan keluarga (Posdaya) wilayah Jawa Barat dan Lampung di Kampus IPB Baranangsiang Bogor.

Sejumlah perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Univesitas Pakuan Bogor, Universitas Surya Kancana Cianjur, Universitas Subang, Universitas Singaperbangsa (Unsika) Karawang, Universitas Lampung, Universitas Wiralodra (UNWIR) Indramayu, dan Universitas Muhammadiyah (UMMI) Sukabumi.

"Sejumlah perguruan tinggi se-Jawa Barat dan Lampung untuk pertama kalinya diajak untuk turut serta mengembangkan Posdaya-Posdaya melalui kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswanya," katanya.

Menurut Pudji Mulyono, perguruan tinggi tersebut akan menurunkan lebih dari 200 mahasiswa untuk melakukan KKN yang akan dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2011.

Pihaknya mengharapkan kegiatan KKN pada masing masing perguruan tinggi berbasis pengembangkan Posdaya.

Ia menyatakan bahwa IPB siap untuk memberikan pembekalan-pembekalan pada dosen dan mahasiswa yang akan KKN.

Sementara itu, Drs Mazwar Nurdin dari Yayasan Damandiri berharap dengan peran serta perguruan tinggi dimaksud dapat meningkatkan jumlah Posdaya-Posdaya di Indonesia.

"Tidak hanya terbentuk, tapi dapat berjalan sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan pendapatan masyarakat," katanya.

Sebelumnya, IPB berhasil mengembangkan sejumlah Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) di beberapa wilayah di Bogor, Cianjur dan Sukabumi melalui KKN mahasiswa.(*)
(T.A035/M027)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar