Jakarta (ANTARA) - iKonser bersama Metranet dan Telkom Regional 4 akan menyelenggarakan ajang pencarian musisi baru melalui "Musik Tanpa Batas" di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

"Tahun ini kita punya rencana untuk membuat konten acara konser setiap hari. Jadi iKonser ingin bahwa tagline iKonser yang 100 persen televisi konser itu akan kita aplikasikan bahwa kita akan menayangkan konser dari musisi-musisi tanah air setiap hari," kata Ahmad Sobirin selaku CEO iKonser Channel saat diskusi daring, Rabu.

Baca juga: Wakil Ketua DPR minta izin manggung seniman Indonesia dipermudah

"Kemudian kita banyak membuat aktivasi-aktivasi ya salah satunya kita mengadakan ajang pencarian bakat atau musisi-musisi baru dari seluruh tanah air. Jadi iKonser ini memang ingin membuka diri sebagai media yang seluas-luasnya untuk wadah bagi para musisi dari lintas genre, dari semua tingkatan ya," tambahnya.

Lebih lanjut Ahmad menjelaskan bahwa para musisi baru yang sudah terjaring pun akan mendapat kesempatan untuk tampil di iKonser Fest yang akan diselenggarakan pada tanggal 26 Maret 2022. Sehingga, musisi yang sudah terjaring akan berkesempatan untuk manggung bersama musisi nasional lainnya.

Tak hanya tampil dalam iKonser Fest, Ahmad juga mengatakan bahwa 4 musisi yang terpilih akan diseleksi kembali menjadi 1 pemenang yang akan tampil di Prambanan Jazz Festival. Selain itu, musisi tersebut pun juga akan mendapatkan hadiah uang serta dipromosikan melalui aplikasi iKonser.

"Jadi para musisi yang kita jaring ini akan kita ambil 4 pemenang yang masing-masing akan tampil di iKonser Fest pada 26 Maret. Dari penampilan itu, 1 yang terpilih akan kita tampilkan di Prambanan Jazz Festival sesuai dengan genre musisi yang kita pilih," ujar Ahmad.

"Tentu saja tidak hanya itu ya. Seperti biasa kita juga akan ada hadiah berbentuk uang. Pokoknya akan banyak keuntungannya. Selain itu dari finalis itu akan ditayangkan melalui channel iKonser, melalui aplikasi iKonser tentu saja. Dan mereka akan kita promokan karya-karyanya di sosmed kita," lanjutnya.

Bagi para musisi yang ingin mendaftarkan diri, Ahmad menjelaskan bawa mereka dapat melakukan registrasi di website iKonser dengan menyertakan data administrasi beserta dua video live session dan 1 video greeting dari musisi tersebut.


Baca juga: "Melancholy" rangkum kisah patah hati Kaleb J

Baca juga: Tren musik 2022: Dangdut makin jaya, rock perlu waktu untuk pulih

Baca juga: Industri musik Indonesia perlu atur strategi hadapi era hibrida 2022

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022