juga melaksanakan amanat regulasi yaitu aspek reklamasi dalam kaitannya dengan pelestarian dan keberlanjutan lingkungan laut
Pangkalpinang (ANTARA) - PT Timah Tbk selama 2021 telah menurunkan  1.920 unit karang buatan ke dasar laut di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai langkah konkret perusahaan untuk turut menjaga keseimbangan ekosistem laut.

"Kami berharap terumbu karang buatan ini dapat menjadi sarana pendukung bagi nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan sebanyak 1.920 unit terumbu karang buatan ini diturunkan di 11 lokasi di dasar laut Provinsi Kepulauan Babel dengan rincian Pulau Panjang sebanyak 240 unit, Karang Rulak 240 unit, Rambak 240 unit.

Baca juga: Terumbu karang berbentuk COVID-19 ditebar di Pulau Ketawai-Babel

Selain itu, penenggelaman terumbu karang buatan di Perairan Tuing sebanyak 60 unit, Pulau Putri 240 unit, Tanjung Melala 240 unit, Malang Gantang 240 unit, Tanjung Ular 120 unit, Karang Aji 120 unit, Pulau Pelepas 60 unit dan Tanjung Kubu sebanyak 120 unit.

"Dalam melaksanakan penambangan PT Timah Tbk juga melaksanakan amanat regulasi yaitu aspek reklamasi dalam kaitannya dengan pelestarian dan keberlanjutan lingkungan laut di lingkungan operasional perusahaan," ujarnya.

Kepala Desa Tanjung Gunung Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah Muslim mengatakan penenggelaman karang buatan PT Timah ini sangat mendukung program pemerintah desa mengembangkan wisata mancing dalam peningkatan ekonomi masyarakat pesisir itu.

Baca juga: 50 persen terumbu karang Babel rusak

"Bantuan karang buatan ini sangat membantu kami dalam mengembangkan potensi wisata mancing, snorkeling, pulau kecil dan wisata bahari lainnya" katanya.

Ia mengatakan saat ini Pemdes Tanjung Gunung lebih memfokuskan pengembangan wisata bahari khususnya mancing yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan ekonomi masyarakat di pascapendemi COVID-19.

"Saat ini kita telah memiliki dua unit kapal khusus untuk mengangkut wisatawan berwisata mancing, snorkeling dan pulau-pulau kecil yang masih alami untuk dinikmati wisatawan lokal, nasional maupun internasional," ujarnya.

Baca juga: Satgas: Babel nihil penambahan kasus COVID-19

Baca juga: Pasien COVID-19 di Babel berkurang jadi 15 orang

 

Pewarta: Aprionis
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022