Bogor (ANTARA News) - Raja Dangdut Rhoma Irama selaku Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Forum Silaturahmi Ta`mir Masjid dan Mushola Indonesia mengingatkan pengurus Fahmi Tamami Kota Bogor untuk berperan aktif mengajak masyarakat memakmurkan mesjid guna menghindari gerakan-gerakan yang ingin memecah belah umat.

"Fahmi Tamami harus berperan aktif menyelamatkan masjid dan mushala dari gerakan-gerakan yang ingin memecah belah ummat," kata Rhoma saat melantik pengurus Forum Silaturahmi Ta`mir Masjid dan Mushalla Indonesia (Fahmi Tamami) Kota Bogor di Masjid Agung Bogor, Minggu.

Rhoma mengatakan, Fahmi Tamami terbentuk atas dorongan timbulnya keresahan dari ummat Islam karena adanya upaya pengambilalihan masjid dan mushola oleh kelompok-kelompok tertentu yang bertujuan untuk memecah belah ummat muslim.

Upaya pengambilalihan masjid dan mushola oleh kelompok-kelompok tertentu terus tumbuh dan berkembang. Yang indikasinya dengan gampang membid`ah kebiasaan ibadah yang dilakukan oleh umat Islam pada umumnya.

"Kita tidak ingin yang sudah menjadi kebiasaan kita dalam menjalankan ritual keagamaan di masjid atau nusholla dirubah oleh sekelompok ummat dengan alasan bid?ah (tidak sesuai dengan sunnah rasullah)," kata Rhoma.

Rhoma berharap, Fahmi Tamami yang dibentuknya bisa menekan berbagai bentuk intervensi beribadah seseorang. Sebab, kelompok tersebut mulai mengembangkan pengaruhnya di bidang politik.

Menurut Rhoma mesjid dan musholla merupakan wadah bagi kelompok tersebut untuk menguasai dunia keagamaan, bidang pendidikan melalui akademisi.

"Khususnya buku, mereka menjadikan buku sebagai ujung tombak untuk merusak aqidah Islam masyarakat," katanya.

Pelantikan dan pengukuhan pengurus Fahmi Tamami Kota Bogor disaksikan Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Bogor Edgar Suratman, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Saerodji, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bogor Muchtar, dan Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Agung Dede Supriatna.

Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Bogor Edgar Suratman menyambut baik kehadiran Fahmi Tamami di Kota Bogor.

"Kita berharap melalui Fahmi Tamami akan lebih mempererat Ukhwah Islamiyah di Kota Bogor," kata Edgar.

Selanjutnya, Edgar berpesan kepada pengurus Fahmi Tamami Kota Bogor untuk memakmurkan masjid atau mussholla, karena kemajuan ummat Islam di masa lalu tidak terlepas dari makmurnya masjid ditengah ummat.

"Keberadaan masjid tidak hanya menjadi tempat untuk melaksanakan ibadah ritual semata, tetapi menjadi pusat kekuatan ummat Islam," katanya.

Kepengurusan Fahmi Tamami Kota Bogor yang dilantik seluruhnya berjumlah 48 orang dipimpin oleh Achmad Hamzah Maulana. Kehadiran Rhoma Irama menarik perhatian para jemaah mesjid Agung Bogor. Acara yang dihadiri ribuan jamaah tersebut dirangkaikan dengan peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW.
(T.KR-LR)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011