Jakarta (ANTARA) - Petenis nomor dua dunia Daniil Medvedev mengalahkan petenis Italia Matteo Berrettini di nomor tunggal, dan kemudian kembali ke lapangan untuk merebut nomor ganda penentu dan membawa juara bertahan Rusia ke semifinal ATP Cup, Kamis.

Rusia datang ke turnamen senilai 10 juta dolar AS itu tanpa pemain peringkat kelima dunia Andrey Rublev dan peringkat 18 dunia Aslan Karatsev setelah keduanya dinyatakan positif COVID-19 menjelang acara beregu tersebut.

Dalam pertandingan terakhir Grup B tersebut, Italia memimpin melauli kemenangan Jannik Sinner 7-6(6) 6-3 atas Roman Safiullin tetapi Medvedev menggagalkan perlawanan dari petenis peringkat tujuh dunia itu dan finalis Wimbledon Berrettini untuk menang 6-2 6-7(5) 6-4 dan menyamakan kedudukan.

Baca juga: Sinner buka kemenangan pertama Italia atas Rusia dalam ATP Cup

"Set pertama saya pegang kendali dan itu sulit karena Anda berpikir bahwa segala sesuatunya akan terus berjalan sesuai keinginan Anda, tetapi itu tidak terjadi ketika Anda melawan 10 pemain teratas," kata juara US Open Medvedev dikutip dari Reuters.

Empat pemain tersebut kembali untuk nomor ganda yang menentukan di Ken Rosewall Arena, sementara pasangan Rusia Medvedev dan Safiullin yang muncul sebagai pemenang mengambil set terakhir super tiebreak 7-5 4-6 10-5.

ATP Cup tahun ini menampilkan 16 tim dengan empat juara grup melaju ke semifinal.

Baca juga: Medvedev kalah mengejutkan dalam laga pembuka ATP Cup

Polandia akan menghadapi Spanyol di semifinal pertama, Jumat, dan Rusia, yang mengalahkan Italia di final tahun lalu, akan bertemu pemenang Grup C pada Sabtu.

Daniel Evans dan Jamie Murray bangkit untuk mengalahkan petenis Amerika Taylor Fritz dan John Isner 6-7(3) 7-5 10-8 di ganda penentu, memberi Inggris kemenangan 2-1 dan mempertahankan harapan untuk memenangi grup.

Jika Jerman, yang dipimpin oleh Alexander Zverev, mengalahkan Kanada dalam pertandingan terakhir grup pada Kamis malam, maka Inggris akan mengklaim slot terakhir untuk semifinal terakhir. Kemenangan bagi Kanada akan membuat mereka lolos untuk menghadapi Rusia.

Evans sebelumnya meraih kemenangan tunggal ketiga berturut-turut pada turnamen tersebut dengan mengalahkan Isner 6-4 7-6(3). Fritz kemudian memaksa pertandingan memainkan ganda penentu setelah mengalahkan petenis Inggris Cameron Norrie 7-6(4) 3-6 6-1.

Baca juga: Tsitsipas gagal sumbang kemenangan untuk Yunani dalam ATP Cup
Baca juga: Hurkacz tekuk Schwartzman, Polandia segel tempat di semifinal ATP Cup
Baca juga: Prancis gantikan Austria di ATP Cup

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022