Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim pabrikan KTM Toby Price mengklaim kemenangan pertamanya di Reli Dakar 2022 setelah menjuarai etape 5 di Riyadh pada Kamis.

Menyelesaikan special stage sejauh 346km mengitari ibukota Arab Saudi itu dari posisi start ke-27, sang juara Dakar dua kali mencatatkan waktu tercepat demi mengalahkan mantan pebalap MotoGP Danilo Petrucci yang berseragam Tech3 KTM dengan margin empat menit 14 detik.

Petrucci meraih hasil terbaiknya dalam debutnya di ajang reli ketahanan tertangguh di dunia itu setelah akhir tahun lalu pamitan dari MotoGP.

Namun sang pebalap Italia sempat gagal finis di etape 2, yang berarti dia sudah terlempar dari persaingan utama perebutan gelar tahun ini.

Ross Branch dari tim Yamaha melengkapi podium setelah catatan waktunya terpaut empat menit 16 detik dari juara etape, demikian laman resmi Dakar.

Sam Sunderland dari tim GasGas masih bertahan di puncak klasemen umum sementara dengan keunggulan dua menit 29 detik dari Matthias Walkner dari tim Red Bull KTM.

Baca juga: Barreda juara etape 2, Sunderland ambil alih pucuk klasemen Dakar 2022

Adrien Van Beveren dari tim Yamaha juga masih nyaman di peringkat tiga klasemen dengan jarak hampir enam menit dari puncak.

Juara bertahan Kevin Benavides kehilangan waktu hampir sembilan menit dan saat ini masih bercokol di peringkat sembilan klasemen dengan jarak 21 menit 51 detik dari Sunderland.

Juara etape 4 Joan Barreda juga kehilangan waktu berharga hingga 21 menit setelah bertugas membuka jalan pada hari ini.

Baca juga: Barreda klaim etape 4, Sunderland bertahan di puncak klasemen Dakar

Dengan kemenangan itu, Price kini menghuni peringkat 12 klasemen dengan defisit 31 menit dari Sunderland.

Di etape 6 besok, para pebalap kembali menempuh rute memutar di Riyadh dengan special stage sejauh 404km sebelum reli jeda satu hari pada Sabtu.

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022