UniPin Ladies Series Season 2 pertemukan tim putri terbaik Indonesia

UniPin Ladies Series Season 2 pertemukan tim putri terbaik Indonesia

Ketua Bidang Humas dan Komunikasi PBESI, Ashadi Ang (atas) bersama SVP UniPin Community, Debora Imanuella (kiri bawah) dalam konferensi pers virtual UniPin Ladies Series Season 2, Kamis (6/1/2022). (ANTARA/HO-UniPin)

Jakarta (ANTARA) - Gelaran turnamen Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) khusus perempuan UniPin Ladies Series kembali hadir dalam musim kedua yang akan mempertemukan tim-tim putri terbaik dari seluruh Indonesia untuk memperebutkan gelar juara.

UniPin Ladies Series Season 2 merupakan kelanjutan dari musim pertamanya yang menurut SVP UniPin Community, Debora Imanuella, telah berhasil menjadi turnamen esport khusus perempuan kedua terpopuler di dunia dengan penonton mencapai lebih dari 10,5 juta views di YouTube dan Nimo TV.

Debora mengatakan UniPin Ladies Series Season 2 diharap memperbanyak platform bagi perempuan untuk berkompetisi secara profesional, mengasah kemampuan, sehingga dapat siap bersaing dan berprestasi di level nasional maupun internasional.

"Kami berharap UniPin Ladies Series dapat terus menjadi panggung bagi para gamers, khususnya atlet esports perempuan, untuk dapat saling bersaing secara sehat, sekaligus mengasah skill dan mengukir prestasi di kancah esports nasional," kata Debora dalam konferensi pers virtual, Kamis.

Selain sebagai kelanjutan dari musim perdana, UniPin Ladies Series Season 2 diselenggarakan sebagai ajang untuk mengakomodasi makin tingginya animo para gamers perempuan dalam memacu prestasinya.

Menurut survei yang dilakukan Inmobi, jumlah gamer pria dan perempuan saat ini hampir sama besar. Hal itu menandakan bahwa gamer perempuan saat ini juga memiliki potensi besar untuk berkontribusi dalam kemajuan industri esports nasional.

Baca juga: UPoint tutup tahun dengan gelar penghargaan Esports Awards 2021

Dengan adanya UniPin Ladies Series Season 2, Debora juga berharap "Ke depannya, ekosistem esport yang ada saat ini akan semakin diramaikan oleh talenta-talenta baru yang siap bersaing dan membawa kebanggaan bagi Indonesia di level internasional."

Animo masyarakat khususnya gamer perempuan terhadap esports diperkirakan akan makin meningkat pada 2022 dan mendorong para pelaku industri untuk menguatkan komitmennya menyelenggarakan turnamen-turnamen guna memberikan panggung bagi mereka.

Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) mendukung penyelenggaraan turnamen yang akan memulai rangkaian turnamen esport yang akan dihadapi Indonesia, mulai dari SEA Games, Asian Games, Indonesia Esports Summit 2022 hingga puncaknya Kejuaraan Dunia Esport 2022 yang akan digelar di Bali pada akhir tahun ini.

Ketua Bidang Humas dan Komunikasi PBESI, Ashadi Ang, optimistis UniPin Ladies Series Season 2 akan mengulang sukses dan mencuri perhatian seperti pada musim sebelumnya. Lebih dari itu, turnamen tersebut akan menjadi panggung bagi atlet perempuan untuk bersinar.

"PBESI mendukung penuh penyelenggaraan UniPin Ladies Series ini. Turnamen ini kami harapkan dapat menjadi motor penggerak yang akan menumbuhkan kesetaraan gender dalam industri esports saat ini, serta mengasah bakat dan kepercayaan diri para atlet esports perempuan yang berpartisipasi di dalamnya," ujar Ashadi.

Baca juga: PBESI umumkan desain besar, bakal gelar Esports Summit Indonesia 2022

Turnamen UniPin Ladies Series Season 2 akan dibuka dengan babak open qualifier, di mana seluruh tim akan bermain dalam sistem single elimination, dan empat tim terbaik yang lolos akan bermain di babak play-ins.

Pada babak play-ins, empat tim dari babak qualifier akan bertemu dengan empat tim dari USW Ladies, komunitas tim esport berbagai kampus yang tergabung dalam UniPin Community.

Delapan tim tersebut akan bermain pada group stage dengan sistem single elimination. Dua tim terbaik akan melanjutkan perjalanan mereka ke regular season.

Pada regular season, dua tim dari babak play-ins akan dipertemukan dengan empat tim terbaik dari season sebelumnya, yaitu Belletron Era, EVOS Lynx, MBR Delphyne dan RRQ Mika. Mereka juga akan ditemani oleh dua tim Alter Ego Nyx dan GPX Basreng yang diundang untuk menggantikan posisi Morph dan Luna Nera.

Setelah melalui enam minggu pertandingan, enam tim terbaik nantinya akan maju ke babak playoff. Selanjutnya, pada babak playoff, enam tim dari regular season akan bermain dalam sistem double elimination untuk memperebutkan gelar juara.

Selain turnamen MLBB, UniPin Ladies Series Season 2 juga akan dimeriahkan dengan Community Cosplay Competition dan Unity Caster Hunt.

Baca juga: PBESI targetkan lima emas di SEA Games Vietnam

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Diskominfo Kota Malang dorong E-Sport tingkatkan sektor ekraf

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar