Jakarta (ANTARA) - Raffi Ahmad selaku pemilik klub Rans PIK Basketball dan Gading Marten sebagai Presiden West Bandits Solo membawa misi khusus dalam debutnya berkiprah di Liga Bola Basket Indonesia (IBL).

Kedua selebritas tersebut menyatakan tujuan keterlibatannya langsung ke dalam manajemen klub IBL salah satunya adalah ingin mempromosikan olahraga bola basket sebagai gaya hidup sekaligus sportainment.

Rans PIK Basketball menjadi satu di antara empat tim baru di IBL musim 2022, sedangkan West Bandits sudah pernah mengarungi kompetisi bola basket profesional itu sejak musim lalu.

Baca juga: IBL 2022 boleh dihadiri penonton terbatas

“Saya ingin sekali jadi pelaku untuk memajukan bola basket di Indonesia. Basket bukan hanya olahraga, tapi juga lifestyle dan entertainment,” kata Raffi dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Hal senada disampaikan Gading. Ia mengatakan akan memanfaatkan platform yang ia miliki untuk mempopulerkan IBL kepada anak-anak muda sehingga bola basket bisa makin dikenal masyarakat luas.

Lebih jauh lagi, Gading juga ingin olahraga bola basket bisa menjadi opsi bagi anak-anak muda untuk berkarier sebagai atlet.

“Saya ingin bikin IBL ini bukan hanya olahraga, tapi juga sportainment. Basket butuh awereness dari anak-anak muda dan butuh engagement supaya mereka tertarik untuk menonton kita sehingga olahraga ini bisa lebih besar lagi,” tutur Gading.

“Kami ingin menyampaikan kalau atlet itu bisa menjadi salah satu pilihan cita-cita di masa depan. Dengan kami memiliki klub basket, maka inilah yang hanya bisa kami lakukan untuk memajukan olahraga basket di Indonesia,” katanya lagi.

Baca juga: Amartha Hangtuah optimistis tembus play-off pada IBL musim 2022

IBL 2022 diikuti 16 tim termasuk empat klub baru, yakni Rans PIK Basketball Tangerang, Tangerang Hawks, Evos Basketball Bogor, dan Bumi Borneo Basketball Pontianak.

Kompetisi musim ini bakal diselenggarakan dalam enam seri di enam kota. Seri pertama berlangsung di Jakarta pada 15-22 Januari, berlanjut ke Bandung pada 29 Januari-5 Februari, Yogyakarta 10-16 Februari, Solo 3-9 Maret, Surabaya 13-19 Maret, dan Denpasar 24-30 Maret.

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2022