PBB: 10.000 Lebih Melarikan Diri dari Kekerasan di Suriah

PBB: 10.000 Lebih Melarikan Diri dari Kekerasan di Suriah

Perserikatan Bangsa Bangsa (istimewa)

PBB (ANTARA News) - Lebih dari 10.000 warga Suriah telah melarikan diri ke negara-negara yang berdekatan untuk meloloskan diri dari aksi keras pemerintah terhadap demonstrasi oposisi, PBB menyatakan, Senin.

Ada 5.000 orang di Lebanon dan sedikitnya 5.000 orang di Turki, kata juru bicara urusan kemanusiaan PBB Stphanie Bunker. Kantor berita Turki Anatolia, Senin, memperkirakan sekarang lebih dari 6.000 warga Suriah telah menyeberang ke Turki.

Koordinator bantuan darurat PBB Valerie Amos memuji tetangga-tetangga Suriah karena bantuan yang telah mereka berikan.

"Saya menghargai negara-negara tetangganya karena membiarkan perbatasan mereka terbuka dan bantuan yang mereka berikan," kata Amos dalam sebuah pernyataan yang menyampaikan kekhawatiran baru mengenai kekerasan yang ia katakan "menurut laporan telah menewaskan 1.200 orang", dan ribuan orang lagi terlantar.

Amos mengeluarkan permintaan baru kepada Suriah untuk membolehkan tim kemanusiaan PBB melakukan penilaian yang lebih baik.

Pemerintah Presiden Bashar al-Assad telah menolak izin buat pakar bantuan PBB mengunjungi kota-kota yang dilanda demonstrasi dan merintangi tim penyelidikan hak asasi manusia masuk negara itu, demikian AFP melaporkan. (S008/C003/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Turki memulai kampanye ekspor tomat keringnya ke 60 negara

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar