Jakarta (ANTARA) - Gol larut yang dicetak Sergej Milinkovic-Savic menghindarkan Lazio dari kekalahan melawan Empoli dan memaksakan hasil imbang 3-3 dalam laga pekan ke-20 Liga Italia di Stadion Olimpico, Roma, Kamis.

Lazio dua kali tertinggal dari tamunya karena gol cepat Nedim Bajrami dan Szymon Zukrowski sebelum menyamakan kedudukan melalui Ciro Immobile dan gol pertama Milinkovic-Savic.

Empoli kembali merebut keunggulan saat Federico Di Francesco mengoyak gawang tuan rumah, tetapi Milinkovic-Savic mencetak gol pada menit ketiga injury time untuk menyelamatkan Lazio dari kekalahan.

Hasil itu membuat kedua tim tak beranjak dari posisi masing-masing di klasemen sementara. Lazio tetap di peringkat kedelapan dengan 32 poin, sedangkan Empoli persis satu strip di bawahnya dengan 28 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Baca juga: Bologna vs Inter urung terlaksana karena otoritas kesehatan melarang

Tuan rumah dikejutkan penampilan agresif yang dilancarkan Empoli sejak sepak mula dan Empoli membuka keunggulan mereka enam menit pertandingan berjalan melalui eksekusi penalti Bajrami, setelah Di Francesco dijatuhkan kiper Thomas Strakosha.

Dua menit kemudian Empoli menggandakan keunggulan mereka saat Zurkowski menyambar bola liar hasil tendangan Di Francesco yang sebelumnya tak dihadang sempurna oleh barisan pertahanan Lazio.

Lazio memperkecil ketertinggalan mereka kala Immobile menyelesaikan situasi sepak pojok dengan gol sundulannya pada menit ke-14.

Kendali permainan kemudian nyaris sepenuhnya berada dalam genggaman para pemain besutan Maurizio Sarri, tetapi skor 1-2 gagal mereka ubah hingga turun minum, setelah beberapa peluang terbuang termasuk tembakan Felipe Anderson yang menghantam mistar gawang pada menit ke-29.

Lazio memasuki babak kedua dengan penampilan yang kian dominan dan akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-66 saat Milinkovic-Savic menyelesaikan umpan kiriman Anderson.

Namun sepuluh menit berselang Empoli melanjutkan penampilan efektif mereka untuk merestorasi keunggulan berkat sontekan jarak dekat Di Francesco atas operan Riccardo Marchizza.

Baca juga: Juventus dipastikan tanpa Bonucci dan Chiellini ketika hadapi Napoli

Bek tengah tuan rumah Patric merasa sudah membuat kedudukan imbang lagi ketika menyarangkan bola ke gawang Empoli dari situasi sepak pojok, tetapi VAR berkata lain dan wasit Antonio Giua menganulir gol itu karena meyakini telah terjadi pelanggaran handball lebih dulu.

Lazio terus menekan dan memenangi hadiah tendangan penalti pada menit ke-86 saat Immobile dijatuhkan Sebastiano Luperto di dalam area terlarang. Alih-alih menyamakan kedudukan, Immobile mendapati eksekusi penaltinya dimentahkan kiper Guglielmo Vicario.

Sayangnya kerja keras Empoli mengamankan tiga poin penuh harus berakhir tragis sebab pada menit ketiga injury time Milinkovic-Savic mencetak gol sundulan jarak dekat demi memaksakan pertandingan berakhir imbang 3-3.

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Alberto Picco, Verona sukses mempecundangi tuan rumah Spezia dengan skor 2-1 disokong dwigol Gianluca Caprari.

Sementara itu di laga lain yang dimainkan lebih awal, Cagliari membawa pulang tiga poin penuh dari Luigi Ferraris seusai bangkit dari ketertinggalan dan menekuk Sampdoria 2-1.

Baca juga: Pelatih AC Milan Stefano Pioli puji kinerja Jose Mourinho di AS Roma

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022