Eastbourne, Inggris (ANTARA News) - Petenis Amerika Venus Williams menandai kembalinya ia dari istirahat lima bulan akibat cedera, dengan kemenangan mengesankan 7-5 5-7 6-3 atas petenis Jerman Andrea Petkovic di kejuaraan Eastbourne, Senin.

Lima kali juara Wimbledon itu, yang memainkan pertandingan pertamanya sejak putaran ketiga Australia Terbuka Januari lalu ketika ia tidak melanjutkan pertandingan setelah satu game juga melawan Petkovic, tampak sangat nyaman di lapangan rumput yang licin.

Petenis berusia 30 tahun, yang menderita cedera abdominal dan pinggul tersebut, memang beberapa kali kesulitan di lapangan tengah dan melakukan kesalahan ganda pada servis game pertamanya dalam kondisi berangin tetapi tampak senang kembali beraksi.

"Hari ini sungguh satu petualangan...kondisinya, jatuh bangun pada setiap poin," kata Venus gembira. Adiknya Serena juga memilih Eastbourne sebagai laga pertama setelah kembali dari absen lama karena cedera, katanya kepada wartawan.

"Saya sangat gembira kembali lagi dengan kemenangan melawan pemain yang bermain dengan begitu baik selama 12 bulan terakhir."

Unggulan delapan Petkovic mendapat keuntungan dalam beberapa permainan Williams yang terburu-buru saat petenis AS itu berjuang untuk mengendalikan pukulan "forehand" dalam kondisi tepi pantai tersebut tetapi, setelah memimpin 4-2, ia dipatahkan servisnya pada game kedelapan dan set tersebut lepas.


Dua Unggulan Lolos

Petkovic, salah satu pemain yang paling mengalami peningkatan dalam tur tahun ini, membalas untuk menyamakan kedudukan saat mentari menerobos lapangan utama tetapi Williams, yang akan berusia 31 tahun pada pekan ini, meningkatkan permainannya saat dibutuhkan untuk meraih kemenangan.

"Menarik ketika saya mendapat undian melawan dia," kata Williams mengenai pengundian yang menempatkan dia menghadapi lawan terakhirnya.

"Ini pertandingan yang sulit bagi dia. Ada sedikit kekurangberuntungan bagi dia tetapi kesempatan besar bagi saya -- rasanya cocok, saya kira. Sungguh sangat ironis."

Venus belum pernah bermain di Eastbourne sejak ia lolos dari babak kualifikasi pada 1997 sementara Serena, 13-kali juara grand slam, tampil sekali setahun kemudian.

Ia akan menghadapi salah satu di antara mantan peringkat satu dunia Ana Ivanovic atau Julia Georges pada putaran kedua.

Serena, yang tampil untuk pertama kali sejak memenangi gelar Wimbledon tahun lalu, akan melawan Tsvetana Pironkova pada putaran pertama, Selasa.

Petenis berusia 29 tahun, yang mengalami luka terbuka pada kakinya Juli lalu di Jerman dan kemudian menderita pembekuan darah pada paru-parunya tahun ini, mendapat "wild card" untuk event pra Wimbledon tersebut.

Kemenangan pada putaran pertama, Senin, juga diraih unggulan ketiga Victoria Azarenka atas petenis China Peng Shuai dan unggulan ketujuh Samantha Stosur. Petenis Australia Stosur mengalahkan Nadia Petrova 6-1 6-4. (F005/A011/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011