Jakarta (ANTARA) - Sutradara film “Shoplifters” Hirokazu Kore-eda akan mengadaptasi komik populer “Maiko in Kyoto: From The Maiko House” menjadi serial televisi Netflix dalam delapan episode, dikutip dari Deadline pada Jumat.

Proyek terbaru Kore-eda menandai debutnya memproduksi serial untuk layanan streaming Netflix. Serial yang diberi judul “The Makanai: Cooking For The Maiko House” itu akan ditayangkan pada akhir tahun ini secara global.

Komik “Maiko in Kyoto: From the Maiko House” merupakan buah karya Koyama Aiko yang pertama kali diterbitkan di Weekly Shonen Sunday sejak 2016.

Baca juga: Sutradara "Shoplifter" Hirokazu Kore-eda akan buat film Korea

Baca juga: Film Jepang "Shoplifter" rebut Palme d`Or Cannes

Ceritanya mengambil latar tempat di distrik geisha Kyoto, yang memotret kehidupan tokoh protagonis Kiyo menjadi Makanai atau orang yang memasak makanan di sebuah rumah tempat para maiko (sebutan untuk calon geisha) tinggal bersama.

Cerita ini menggambarkan kehidupan sehari-hari Kiyo dan Sumire, teman masa kecil yang datang bersamanya dari Aomori ke Kyoto, di tengah dunia geisha dan para maiko.

Kore-eda, yang memenangkan Palme d'Or pada 2018 berkat film “Shoplifters”, juga dalam proses membuat film Korea pertamanya “Baby, Box, Broker” dan telah menyutradarai kira-kira satu film per tahun selama dekade terakhir.

Dalam serial “The Makanai”, Kore-eda akan dibantu oleh produser Genki Kawamura dan sutradara Megumi Tsuno, Hiroshi Okuyama, dan Takuma Sato.

Pemeran “The Makanai” termasuk Nana Mori, Natsuki Deguchi, Aju Makita, Keiko Matsuzaka, Ai Hashimoto, Mayu Matsuoka, dan Takako Tokiwa.

Kore-eda mengatakan bahwa kisah “From the Maiko House” bukanlah kisah orang-orang yang tertinggal oleh zaman, melainkan kisah yang mungkin memberi kita petunjuk tentang bagaimana kita harus hidup di dunia pasca-COVID.

“Setelah menerima tawaran dari produser Kawamura, saya sebenarnya mengunjungi Gion beberapa kali. Di sana, saya terkejut dengan bagaimana orang-orang yang tinggal di Rumah Maiko seperti keluarga tanpa ikatan darah, dan bagaimana seluruh kota terasa seperti organisme yang dihubungkan oleh kabel telepon,” kata Kore-eda.

Komik yang ditulis dan diilustrasikan oleh Aiko Koyama itu telah terjual hampir 2 juta eksemplar di seluruh dunia dan memenangkan Shogakukan Manga Award ke-65 pada 2020.

Baca juga: Nana Komatsu & Ryo Yoshizawa beradu akting di film "Sakura"

Baca juga: Dua film terakhir "Rurouni Kenshin" pecahkan rekor box office Jepang

Baca juga: RADWIMPS isi lagu tema film "Yomei 10-nen"

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022