Dengan berdirinya gardu ini, maka ikon baru Ibu Kota sudah dapat beroperasi dengan optimal
Jakarta (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya) membangun gardu khusus untuk memasok listrik berkapasitas 5,54 megavolt ampere (MVA) ke Jakarta International Stadium (JIS) , Tanjung Priok, Jakarta Utara.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya) Doddy B. Pangaribuan mengatakan  telah bekerja sama dengan PT Jakarta Propertindo (JakPro), selaku pelaksana proyek pembangunan JIS, membangun gardu distribusi khusus untuk mengalirkan listrik ke stadion baru Jakarta tersebut.

"Dengan berdirinya gardu ini, maka ikon baru Ibu Kota sudah dapat beroperasi dengan optimal," kata Doddy dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Menurut Doddy, PLN dan JakPro sudah menjalin hubungan dengan baik, sehingga dalam proses koordinasi kelistrikan semuanya berjalan dengan lancar.

Koordinasi PLN dan JakPro dimulai dari masa perencanaan sampai kelistrikan (energize) dan uji coba lampu maupun tata suara.

Untuk kelistrikan selama masa konstruksi, JIS menggunakan listrik sementara dari PLN sebesar 1,4 megavolt ampere (VA) sejak 2019 sampai akhir Desember 2021.

Listrik sementara merupakan layanan dari PLN kepada non pelanggan yang membutuhkan listrik atau kepada pelanggan yang membutuhkan tambahan listrik dalam periode waktu tertentu.

Selain itu, PLN yang telah mendapatkan sertifikat Greenship Platinum, juga siap menyediakan Renewable Energy Certificate (REC) untuk stadion berkapasitas 82 ribu penonton ini.

REC merupakan instrumen yang merepresentasikan atribut energi baru terbarukan (EBT) dari setiap Mega Watt hours (MWh) listrik yang diproduksi oleh pembangkit EBT PLN.

Dengan menggunakan REC, JIS dapat membuktikan bahwa energi yang digunakan berasal dari pembangkit listrik berbasis EBT yang diaudit oleh sistem "tracking" internasional, APX TIGRs yang berlokasi di California, Amerika Serikat.

"Kami sangat mendukung pembangunan JIS tentunya sesuai dengan kapasitas kami sebagai penyedia listrik yaitu memberikan suplai pasokan listrik yang cukup dan tentunya kami siap juga menjaga keandalannya," kata Doddy.
Baca juga: Anies kunjungi JIS nikmati senja terakhir 2021
Baca juga: Jakpro-ANTARA luncurkan buku "#Jakpro 5 Ikon Wajah Baru Jakarta"
Baca juga: Gubernur DKI ajak Jakmania kampanyekan naik transportasi umum ke JIS

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022