counter

Memacu Jiwa Wirausaha Pemuda dengan Papan Permainan

Memacu Jiwa Wirausaha Pemuda dengan Papan Permainan

Pendidikan Kewirausahaan melalui permainan ThinkBig Game (antaranews)

Pontianak (ANTARA News) - Sebanyak 32 mahasiswa dan seorang dosen alumni Politeknik Tonggak Equator Pontianak, Kalimantan Barat mengikuti perlombaan dalam memacu jiwa wirausaha dengan "ThinkBig Games" atau papan permainan.

Pencipta ThinkBig Game Alex Laminto saat pertandingan perdana ThinkBig Game di Aula SMP Suster Pontianak, kemarin, mengatakan, papan permainan diciptakan untuk menanamkan jiwa "entrepeneur" atau wirausaha dalam diri pemuda dalam simulasi game.

"ThinkBig Game sengaja kami buat untuk melatih dan menanamkan jiwa entrepreneur pada anak muda dan mahasiswa," katanya.

Ia menjelaskan, dunia pendidikan sekarang jarang memberikan pelajaran tentang entrepeneur.

"Makanya saya aplikasikan jiwa wirausaha melalui ThinkBig Game untuk selanjutnya diaplikasikan mahasiswa dalam dunia nyata," kata Alex.

Tiap pemain diajarkan tentang implikasi akuntansi, marketing, dunia properti, valas, saham, serta cara membuka bisnis.

"Mental mereka dilatih untuk benar-benar terjun langsung dalam dunia bisnis. Kurang tepat jika dunia pendidikan tetap mempertahankan motto siap pakai untuk tiap lulusannya," katanya.

Pentingnya menanamkan jiwa entrepreneur dalam diri anak muda, karena tidak sedikit dari mereka yang takut untuk terjun langsung sehingga mental tersebut yang ditempa dalam permainan ini.

"Kalau di game mereka gagal, masih beruntung karena dapat mempelajari penyebab kegagalan tersebut dan memperbaikinya," kata Alex.

ThinkBig Game diciptakan sejak tahun 2006 yang terbagi tiga, yakni ThinkBig Club, ThinkBig Educale, dan ThinkBig Business.

ThinkBig Club terdiri dari orang-orang yang ingin belajar tentang dunia bisnis dan motivasi, ThinkBig Educare berupa pemberian seminar dan pelatihan entrepreneur dan motivasi sementara ThinkBig Business untuk menyalurkan keinginan mereka yang belajar dalam ThinkBig Educale menciptakan usaha.

"Nanti mereka membuat proposal usaha, kita tawarkan proposal ini pada pengusaha yang tergabung di kita untuk membantu mendanai proposal tersebut," kata pencipta ThinkBig Game.

Eddy (22) mahasiswa semester IV Politeknik Tonggak Equator yang ikut pertandingan ThinkBig Game menyatakan, permainan itu telah mengajarkannya untuk berani mengambil keputusan dalam berusaha.

"Waktu main saya ada beli ruko empat lantai ketika ada peluang jual, saya tidak ada keberanian jual. Harusnya saya berani ambil keputusan jual sehingga bisa untung," kata Eddy.

Windi Lodianto mahasiswa Politeknik Tonggak Equator Semester IV menyatakan, meskipun hanya permainan tetapi pengeluaran saya sampai Rp30 juta per putaran. "Dalam permainan ini saya fokus bisnis jual-beli rumah, setelah punya modal cukup baru mengembangkan bisnis lain," katanya.

Sementara itu, Pencipta ThinkBig Game Alex Laminto juga membuka informasi dan konsultasi seputar ThinkBig Game ke Alex_Laminto@yahoo.co.id atau menghubungi dia ke nomor telepon genggamnya: 0815-2250-1123.(*)

(U.A057/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Pendidikan kesetaraan bagi penghuni Lapas

Komentar