Mereka hanya membuat saya seperti sandera di sini
Jakarta (ANTARA) - Penahanan petenis nomor satu dunia Novak Djokovic telah menarik perhatian pada penderitaan sejumlah pencari suaka karena ditempatkan di hotel yang sama yang digunakan sebagai fasilitas penahanan imigrasi darurat.

Hanya empat kilometer dari hotel mewah tempat sebagian besar pemain Australian Open menginap, Park Hotel merupakan bangunan lima lantai berwarna abu-abu dengan jendela terkunci di pinggiran kota.

Delapan polisi menjaga pintu masuk yang di depannya terdapat tulisan "FREE THEM ALL" (bebaskan mereka), Jumat.

Baca juga: Djokovic di tengah perjuangan atas ancaman deportasi dari Australia

Kedatangan salah seorang atlet terkaya di dunia menciptakan suasana tidak biasa di luar hotel, dengan anggota komunitas ekspatriat Serbia mengenakan bendera nasional dan memainkan musik tradisional bergabung dengan aktivis pengungsi dalam protes.

Di lantai dua, satu lantai di atas Djokovic, ada 30 pria dari beberapa negara yang dievakuasi untuk perawatan medis pada 2020 dari pusat penahanan Australia di negara-negara kepulauan Pasifik Selatan, Papua Nugini dan Nauru.

"Kami terjebak di kamar kami. Tidak ada udara segar. Kami tidak punya tempat untuk latihan. Tidak ada gym di sini. Sangat sulit," kata Hossein Latifi, seorang warga Iran berusia 32 tahun yang ditahan di Nauru pada 2013, dikutip dari Reuters.

Selama beberapa dekade, Australia telah memiliki kebijakan penahanan wajib bagi siapa pun yang datang tanpa visa, dan untuk mencegah orang datang dengan perahu, Australia mendirikan pusat penahanan lepas pantai di Nauru dan di Pulau Manus Papua Nugini.

Baca juga: Australia tolak dispensasi visa Novak Djokovic

Manus ditutup pada 2016 setelah dianggap ilegal, sementara pusat Nauru tetap buka.

Menanggapi kritik, pemerintah Australia pada 2019 mulai mengizinkan pengungsi yang sakit kritis untuk sementara dipindahkan ke Australia untuk perawatan medis.

Latifi dibawa ke Australia pada 2020 dan awalnya ditahan di fasilitas lain sebelum dipindahkan ke Park Hotel empat bulan lalu. Dia mengatakan dia tidak tahu berapa lama dia akan ditahan di sana atau ke mana dia akan pergi selanjutnya.

"Kami adalah pengungsi, kami adalah orang-orang yang tidak bersalah -- kami tidak melakukan kejahatan apa pun. Mereka hanya membuat saya seperti sandera di sini," kata Latifi kepada Reuters melalui telepon dari kamarnya, di mana dia merekam video sekitar 100 orang di seberang jalan menyerukan Djokovic dan para pengungsi untuk dibebaskan.

Baca juga: Terkatung-katung di bandara, Djokovic dapat dukungan Presiden Serbia

Belatung dan jamur
Sejumlah pencari suaka telah ditahan di hotel tersebut selama hampir dua tahun dengan beberapa di antaranya mengeluh tentang kondisinya, termasuk katering yang buruk.

"Kualitasnya sangat rendah dan kami juga disajikan belatung dan jamur di roti kami," kata Adnan Choopani, warga Iran lainnya yang pertama kali ditahan sembilan tahun lalu ketika dia berusia 15 tahun.

Hotel ini juga digunakan untuk mengkarantina pelancong yang telah dites positif COVID-19.

Memburuknya situasi, ada beberapa kebakaran di gedung pada 23 Desember, merusak lantai tiga dan empat. Selama evakuasi, menurut Latifi, mereka yang ditahan dan mereka dengan kasus COVID-19 disatukan sehingga beberapa yang ditahan terinfeksi.

Baca juga: Pejabat Australia sebut tidak ada perlakuan khusus untuk Djokovic

Pasukan Perbatasan Australia tidak segera menanggapi pertanyaan tentang kondisi di hotel tersebut.

Choopani dan Latifi sama-sama mendoakan yang terbaik untuk Djokovic, meskipun Latifi menekankan bahwa superstar tenis itu terancam ditahan "hanya beberapa hari," bukan sembilan tahun.

Choopani mengatakan dia mendapat kekuatan dari sorotan yang diberikan oleh penduduk baru yang terkenal di hotel tersebut.

"Saya tidak ingin penahanan di Australia untuk siapa pun," kata Choopani.

"Novak, kamu tidak sendirian. Kamu memiliki banyak pendukung, kami mencintaimu, kami ingin melihatmu sukses... kami berharap Anda beruntung dan berharap Anda bebas, seperti yang kami harapkan untuk diri kami sendiri."

Baca juga: Bos Australian Open pertanyakan alasan Djokovic dibolehkan bertanding

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022