Secara umum sudah cukup baik, tinggal bagaimana kesadaran penonton itu sendiri memahami soal aturan di dalam lapangan
Jakarta (ANTARA) - Operator Liga Bola Basket Indonesia (IBL) pada Jumat menggelar simulasi penonton menjelang pelaksanaan kompetisi musim 2022 yang akan dimulai pada 15 Januari mendatang.

Simulasi penonton dilakukan di Hall Basket Gelora Bung Karno, Jakarta, yang bakal menjadi lokasi pertandingan IBL 2022 seri pertama, dan dihadiri oleh para pemangku kepentingan seperti Plt Dirjen Kesmas Kemenkes Kartini Rustandi, Kapolsek Tanah Abang Kompol Haris Kurniawan, dan Kepala Bagian Pembinaan Operasi Polda Metro Jaya Brigjen Pol Heribertus Dahana.

Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah mengatakan simulasi berjalan cukup baik sehingga ia optimistis liga musim ini bisa dihadiri penonton meski dalam jumlah terbatas.

Baca juga: Tiket IBL 2022 mulai dijual pekan depan

“Secara umum sudah cukup baik, tinggal bagaimana kesadaran penonton itu sendiri memahami soal aturan di dalam lapangan. Artinya, tidak boleh makan dan minum dalam venue, masker harus selalu digunakan," katanya dikutip laman resmi liga.

Apabila nanti diberi izin untuk menghadirkan penonton, IBL tidak akan membuka Hall Basket secara penuh. Panitia hanya memungkinkan kehadiran 15-20 persen atau 500 penonton dari kapasitas 2.900 kursi.

“Kami mengerti kondisinya belum bisa untuk memenuhi GOR tapi kita harus lakukan. Mungkin penonton sudah rindu menyaksikan langsung di lapangan maka dari itu apa yang kami berikan ini sudah lebih dari cukup," ujar Junas.

IBL 2022 bakal diselenggarakan dalam enam seri di enam kota. Seri pertama berlangsung di Jakarta pada 15-22 Januari, berlanjut ke Bandung pada 29 Januari-5 Februari, Yogyakarta 10-16 Februari, Solo 3-9 Maret, Surabaya 13-19 Maret, dan Denpasar 24-30 Maret.

Kompetisi musim ini diikuti 16 tim peserta, termasuk empat klub baru, yakni Rans PIK Basketball Tangerang, Tangerang Hawks, Evos Basketball Bogor, dan Bumi Borneo Basketball Pontianak.

Baca juga: IBL 2022 boleh dihadiri penonton terbatas
Baca juga: Andakara Prastawa bersemangat menatap IBL musim 2022
Baca juga: Amartha Hangtuah optimistis tembus play-off pada IBL musim 2022


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022