Kanada Tak Lagi Akui Gaddafy

Kanada Tak Lagi Akui Gaddafy

Pasukan oposisi Libya berparade militer. (FOTO ANTARA/REUTERS/Amr Abdallah Dalsh)

Ottawa (ANTARA News) - Kanada mengakui oposisi Libya sebagai wakil sah rakyat Libya, demikian Menteri Urusan Luar Negeri Kanada John Baird seperti dikutip AFP.

Beralihnya sikap diplomatik itu terjadi ketika para anggota parlemen memperdebatkan perpanjangan peran serta Kanada dalam akta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) untuk melindungi warga sipil dari serangan pasukan yang setia kepada pemimpin Libya Muamar Gaddafi.

Ottawa sebelumnya merujuk Dewan Transisi Nasional Libya (TNC) dari kelompok oposisi hanya sebagai mitra bicara yang sah.

"Kanada akan mengakui NTC sebagai wakil sah rakyat Libya. Pemerintah kami akan terlibat dengan lembaga-lembaga dan wakil NTC," kata Baird di DPR.

Dia akan bertemu dengan wakil kelompok oposisi Libya itu dan juga utusan PBB serta akan memperkenalkan anggota-anggota NTC sebagai pihak yang bertanggungjawab di Libya dan mengusulkan pertemuan dengan mitranya dari Kanada.

Pendahulu Baird, Lawrence Cannon, telah bertemu dengan seorang wakil senior oposisi Libya itu di Paris dan beberapa pejabat Kanada telah menjalin kontak secara tetap dengan wakil-wakil NTC dalam beberapa bulan terakhir.

Sebalikya, Dewan Transisi Nasional Libya telah menunjuk seorang wakil untuk Kanada.

Baird juga mengumumkan dana tambahan sebesar 2 juta dolar Kanada untuk Libya.

Pemberontakan rakyat terhadap Gaddafi sejak pertengahan Februari lalu telah membagi negara Afrika utara kaya minyak itu menjadi Libya barat yang sebagian besar dikuasai Gaddafi dan Libya timur yang dikuasai oposisi.(*)

SYS/S008

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Ratusan pencari suaka di Pekanbaru lakukan aksi damai

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar