Jakarta (ANTARA) - Di awal tahun baru ini, mungkin Anda sudah membuat rencana liburan yang seru bersama keluarga. Lokasi-lokasi liburan memang sudah cenderung lebih sepi di awal tahun, sehingga dirasa lebih aman untuk dikunjungi.

Meski pun sekarang sudah memungkinkan untuk terbang ke negara-negara dan kota-kota lain, menikmati liburan tanpa harus pergi jauh tetap bisa seru loh.

Selain itu, bepergian menggunakan kendaraan pribadi juga lebih aman dibanding menggunakan kendaraan umum.

Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan, ada beberapa "hidden gems" di sekitarmu yang mungkin belum Anda ketahui. Bepergian dengan menggunakan mobil pribadi lebih aman, karena Anda bisa memilih akan bepergian dengan siapa – keluarga atau teman-teman – untuk mengunjungi tempat tersembunyi yang dapat dijangkau dengan jalan darat.

​​​​​Baca juga: tiket.com resmi jual tiket MotoGP Indonesia Grand Prix 2022

Apa saja tempatnya? Simak daftarnya di bawah ini, dikutip dari keterangan resmi Carsome.

Mangrove Gunung Anyar, Surabaya
Di Surabaya, terdapat banyak mangrove di dekat pantai. Salah satunya adalah Mangrove Gunung Anyar yang telah dilengkapi dengan fasilitas untuk Anda berjalan, membuat hidden gem yang satu ini menjadi lokasi edukasi dan wisata sekaligus.

Tempat ini juga cocok untuk jogging karena sudah tersedia jogging track yang dikelilingi pepohonan agar Anda bisa merasa lebih sejuk.
 
Sejumlah warga melintasi kawasan kampung Bali, Harapan Jaya, Bekasi, Jawa Barat, (9/9/2020). Pemerintah setempat berencana mengembangkan wilayah tersebut sebagai tempat wisata budaya untuk masyarakat. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)


Kampung Bali, Bekasi
Di kecamatan Harapan Jaya, Bekasi Utara, ada komunitas keluarga Bali yang telah tinggal di daerah tersebut sejak tahun 1980-an. Daerah ini dihias dengan ornamen tradisional Bali dan rumah-rumah berarsitektur Bali yang memberikan nuansa seperti di Bali.

Anda bisa berkeliling di kampung ini dan berbincang dengan penduduk setempat, serasa di Bali tanpa harus pergi ke Bali.
Pengunjung berada di kawasan wisata Studio Alam Gamplong, Moyudan, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (13/8/2019). Kawasan yang menjadi seting untuk pembuatan sejumlah film layar lebar seperti Sultan Agung, Cinta dan Bumi Manusia karya Hanung Bramantyo itu kini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak diminati masyarakat, khususnya pemburu foto selfie. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/hp. (Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko)


Studio Alam Gamplong, Yogyakarta
Ada banyak lokasi di Yogyakarta selain pantai dan jalan Malioboro. Anda bisa datang ke Studio Alam Gamplong, di mana Anda bisa merasakan kembali ke Batavia era abad 20. Lihat desain lokasi yang pernah digunakan untuk film seperti “Sultan Agung: The Untold Story”.
 
Wisatawan domestik berwisata di kompleks Candi Gedong Songo, di Bandungan, Kabupaten Semarang, Jateng, Kamis (1/10). Kompleks candi Hindu peninggalan zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 yang berada pada sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut itu menjadi salah satu tujuan wisata andalan Kabupaten Semarang. ANTARA FOTO/R. Rekotomo/pd/15. (ANTARA FOTO/R. REKOTOMO)


Candi Gedong Songo, Semarang
Kalau Anda penggemar arsitektur zaman dahulu, tidak jauh dari kota Semarang terletak Candi Gedong Songo, yaitu kumpulan kuil Hindu yang dibangun pada abad ke-9. Jangan lupa mengambil banyak foto untuk di post di Instagram karena Anda akan merasa pergi kembali ke zaman dahulu.
Seorang pengunjung melihat-lihat tumbuhan yang terdapat di Hutan Kota Srengseng, Jakarta, Senin (9/3). Pemprov DKI Jakarta akan melakukan rehabilitasi terhadap hutan kota seluas 15 hektare tersebut agar dapat menjaga ekosistem yang terdapat didalamnya. ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna/Rei/pd/15. (ANTARA FOTO/VITALIS YOGI TRISNA)


Hutan Kota Srengseng, Jakarta
Sebuah tempat pembuangan sampah yang diubah menjadi lahan hijau. Anda dapat menemukan lebih dari 4.500 tanaman di hutan seluas 15 hektar ini. Hidden gem ini memberikan pemandangan yang indah, Anda juga bisa memancing, piknik bahkan memanjat di sini.

Baca juga: Aplikasi "carbon footprint calculator" demi pariwisata berkelanjutan

Baca juga: Jalan-jalan ke luar negeri, ini beberapa tempat yang bisa didatangi

Baca juga: Teleportasi ke masa lalu di museum Ramen Shin-Yokohama

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022