Jakarta (ANTARA) - Petenis nomor satu dunia Ash Barty melewati juara sebelumnya Iga Swiatek 6-2 6-4 dalam semifinal Adelaide International, Sabtu, untuk mengatur pertarungan dengan Elena Rybakina dari Kazakhstan.

Barty, yang memenangi turnamen tersebut pada 2020, mendominasi dari awal hingga akhir, memenangi 76,3 persen dari poin servis pertamanya.

Petenis berusia 25 tahun itu memimpin 3-2 setelah mendapatkan break pertama pada set pembuka dan ditindaklanjuti dengan break lain untuk merebut set pertama.

Baca juga: Barty mulai musim baru di Adelaide, Osaka dan Raducanu di Melbourne

Petenis Australia itu membawa momentum kemenangannya ke set kedua, melakukan break lebih awal untuk memimpin 2-1, dan kemudian berhasil mempertahankan break point untuk menahan servis pada kedudukan 4-2.

Meskipun telah mengeluarkan upaya terbaiknya, unggulan kelima dari Polandia Swiatek tidak bisa berbuat banyak untuk membendung gelombang Barty, dan akhirnya menyerah dalam pertandingan yang berlangsung satu jam 27 menit itu.

"Jujur, ini tidak nyata. Sangat menyenangkan bermain di sini malam ini dan Iga adalah juara yang luar biasa, dia membuat saya memainkan tenis terbaik saya. Tidak banyak yang terjadi," kata Barty, dikutip dari Reuters.

"Setiap pertandingan turnamen ini, saya merasa semakin baik, semoga ada sedikit lagi yang tersisa untuk besok," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Barty sebut banyak bakat baru jadi pertanda baik bagi turnamen putri

Sebelumnya pertandingan tersebut, unggulan ketujuh Rybakina tampil solid untuk mengalahkan petenis Jepang Misaki Doi 6-4 6-3.

Rybakina sempat melakukan break pada gim kedua set pertama, namun langsung melakukan break back. Dia kemudian mencetak lima ace untuk merebut set pertama 6-4, sebelum mematahkan servis Doi dua kali di set kedua untuk memastikan kemenangan.

"Itu (pertandingan yang) sulit. Saya memulai dengan sangat lambat, dan fokus saya naik turun. Dia bermain sangat baik, saya senang bisa menang. Servis saya sangat membantu saya hari ini," kata Rybakina.

Pada nomor ATP 250 putra Adelaide, unggulan teratas Prancis Gael Monfils akan bertemu unggulan kedua dari Rusia Karen Khachanov dalam pertandingan perebutan gelar pada Minggu.

Mantan petenis nomor enam dunia Monfils mengalahkan petenis Australia Thanasi Kokkinakis, yang pada Jumat diberi wildcard untuk undian tunggal putra Australian Open, 7-5 6-0,

Khachanov sebelumnya mengalahkan unggulan ketiga asal Kroasia Marin Cilic 7-6(3) 6-3 untuk memastikan tempatnya dalam pertandingan yang akan diunggulkan.

Baca juga: Barty dan Raducanu raih penghargaan WTA Award

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022