Samarinda (ANTARA) - Perkembangan kasus COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur mengalami penambahan lima kasus sembuh dan tiga kasus terkonfirmasi positif pada update kasus harian, Sabtu.

Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak mengatakan tambahan kasus sembuh terjadi di Samarinda dua orang dan Kutai Barat tiga orang sedangkan tambahan kasus positif terjadi di Paser, Kutai Barat dan Samarinda masing- masing bertambah satu kasus.

"Saat ini jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang masih menjalani perawatan berjumlah 16 orang atau berkurang dua orang dari hari sebelumnya," kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda.

Andi menjelaskan lima wilayah Kaltim yakni Kabupaten Mahakam Ulu, Berau, Kutai Timur, Panajam Paser Utara dan Kota Bontang masih mempertahankan zona hijau COVID-19.

Baca juga: Empat wilayah Kaltim masih bertahan di zona hijau COVID-19

Baca juga: Masih ada 22 kasus aktif COVID-19 di Kalimantan Timur


Sedangkan lima wilayah Kaltim lainnya yakni Kabupaten Kutai Barat, Paser, Kutai Kartanegara, Kota Samarinda dan Bontang maish berada di zona kuning COVID-19.

"Kutai Barat menjadi wilayah tertinggi yang masih berjuang keras menuju nihil kasus dengan jumlah pasien positif enam orang, disusul Balikpapan empat orang, Paser tiga orang, Samarinda dua orang dan Kutai Kartanegara satu orang," ujar Andi.

Dia menambahkan akumulasi kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kaltim sebanyak 158.350 kasus, yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 152.881 kasus, sementara kasus meninggal dunia sebanyak 5.452 kasus.

Ia menyerukan kepada masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari mengingat penyebaran virus belum berakhir.

"Tetap waspada dengan potensi penyebaran virus dengan cara menjalankan prokes dan juga vaksinasi," ucap Andi.*

Baca juga: Anggota DPD: Vaksinasi segera hilangkan COVID-19 di Kutai Timur

Baca juga: Tiga wilayah Kaltim masih bertahan zona hijau COVID-19

Pewarta: Arumanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022