Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Sonny T Danaparamita mengatakan gerakan menanam pohon merupakan bentuk kepedulian partai untuk menjaga alam dan lingkungan.

Hal itu disampaikan Sonny disela-sela kegiatan aksi bersih-bersih Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung dan penanaman pohon di Banjir Kanal Timur (BKT), Jakarta Timur, Minggu.

Sonny menyampaikan, gerakan menanam pohon merupakan bentuk kepedulian kader partai PDIP yang ingin terus merawat dan menjaga lingkungan dan alam, sebagaimana instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Ibu Megawati adalah sosok negarawan yang sangat konsen dalam menjaga alam. Kami diinstruksikan untuk menanam tanaman-tanaman langka serta berbagai tumbuhan yang dapat menjaga kedaulatan pangan kita," kata Sonny.

Baca juga: PDIP: Tanam 300 pohon di GBK terinspirasi Bung Karno

Anggota Komisi VI DPR RI ini menegaskan bahwa menjaga keberlangsungan lingkungan yang sehat adalah bagian dari nafas gerak kepartaian PDI Perjuangan.

"Sesuai arahan ibu Ketua Umum, bagi kami berpolitik itu adalah membangun peradaban. Dan upaya memajukan umat manusia ini akan terwujud jika alam dan lingkungan sebagai daya dukungnya berada dalam kondisi yang sehat dan lestari," jelas Sonny.

Dia turut prihatin kadang kala masyarakat kurang menyadari bahwa satu pohon saja sesungguhnya punya makna yang luar biasa.

"Padahal satu pohon yang kita tanam, sejatinya akan menjadi paru-paru dunia dan menjadi warisan penting bagi anak cucu kita," kata Sonny.

Baca juga: PDIP tanam pohon di Waduk Rawa Lindung Jaksel

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan partainya melanjutkan tradisi penghijauan di hari ulang tahun (HUT) ke-49.

Sebanyak 227 kader partai yang juga anggota DPRD dan Satgas DPD DKI Jakarta, DPD Jawa Barat, dan DPD Jawa Tengah dikerahkan pada aksi sosial itu.

Hasto mengatakan kegiatan seperti ini merupakan tradisi PDIP, khususnya sejak tiga tahun terakhir dalam menyambut HUT partai. Menurut Hasto, Ketua Umum PDIP Megawati menginginkan partai terus menjaga kultur organisasi untuk merawat pertiwi.

"Dalam merawat pertiwi, kami memberikan oksigen bagi kehidupan. Berpolitik bagi PDI Perjuangan itu perspektifnya sangat luas, meliputi seluruh aspek kehidupan rakyat, sehingga kali ini DPD PDI Perjuangan DKI dipusatkan melakukan gerakan penghijauan pada tahun ketiga," jelas Hasto.

Baca juga: PDIP canangkan gerakan "Leuweung Pajajaran" melalui rehabilitasi hutan

Pewarta: Fauzi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022