Jakarta (ANTARA) - Persiapan bintang tenis asal Spanyol Rafael Nadal menuju Australian Open tetap berada di jalurnya setelah ia mengalahkan petenis Amerika Maxime Cressy 7-6 (8/6), 6-3 pada final di Melbourne Summer Set, Minggu.

Nadal memutuskan untuk bermain pada turnamen yang tingkatnya lebih rendah itu untuk mendapatkan latihan pertandingan setelah absen hampir sepanjang 2021 karena cedera dan COVID-19.

Ia belum sepenuhnya fasih pekan ini dan mendapat tekanan keras dari petenis kualifikasi asal Amerika itu, namun Nadal mempunyai pengalaman yang jauh lebih banyak bagi petenis berusia 24 tahun dengan servis voli tersebut.

Ini adalah gelar ke-89 Nadal pada tur ATP dan kemenangan tersebut memastikan dia telah memenangi sedikitnya satu mahkota tunggal setiap tahun selama 19 tahun terakhir.

Baca juga: Nadal puas dengan penampilannya pasca cedera
Baca juga: Nadal positif COVID-19 setelah "comeback" di Abu Dhabi


Cressy, yang harus menang dalam dua babak kualifikasi hanya untuk maju ke babak utama, mengawali laga dengan gugup namun menjadi lebih percaya diri seiring berjalannya pertandingan.

Petenis Amerika itu mendapat satu set point pada tiebreak namun tidak mampu mengkonversinya dan begitu Nadal merebut set pertama, hasil akhirnya nyaris tak terelakkan.

Nadal akan berusaha memecahkan rekor gelar tunggal Grand Slam paling banyak pada Australian Open bulan ini.

Ia saat ini telah mengumpulkan 20 gelar, sama dengan Roger Federer dan Novak Djokovic, namun dengan cederanya Federer dan Djokovic diragukan karena masalah visa, Nadal mempunyai peluang untuk meraih satu gelar lebih banyak dibanding saingan-saingannya itu.

Nadal memainkan turnamen pertamanya sejak Agustus setelah cedera dan terpapar COVID-19.

Ia mengatakan saat ia sakit ia tidak bisa bangun dari tempat tidurnya selama berhari-hari, tetapi begitu ia mulai pulih ia tidak ragu untuk datang ke Australia dan berusaha memenangi gelar keduanya di Melbourne Park, demikian dikutip dari AFP.

Baca juga: Aldila Sutjiadi kantongi wildcard Australian Open
Baca juga: Naomi Osaka mundur dari turnamen pemanasan Australian Open

 

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022