Jakarta (ANTARA) - Apple Original Films akan membuat film dokumenter yang merekam jejak kehidupan mendiang Sidney Poitier, dikutip dari The Hollywood Reporter pada Senin.

Dalam proses pengerjaan dokumenter ini, Oprah Winfrey didapuk menjadi produser eksekutif dan Reginald Hudlin sebagai sutradara. Apple bekerja sama dengan Harpo Productions dan Network Entertainment milik Winfrey.

Baca juga: Aktor Sidney Poitier meninggal dunia

Empat sumber mengatakan kepada The Hollywood Reporter bahwa pengerjaan dokumenter tersebut selama lebih dari setahun telah dirahasiakan dan diproduksi dengan partisipasi keluarga Poitier.

Poitier meninggal pada Kamis (6/1) waktu setempat dalam usia 94 tahun di Beverly Hills, AS. Ia merupakan orang kulit hitam pertama yang memenangkan Academy Award kategori aktor terbaik untuk perannya dalam film “Lilies of the Field” pada tahun 1963.

Kemenangan Poitier membuka pintu bagi perfilman yang diisi minoritas lainnya melalui karyanya dalam film seperti “In the Heat of the Night” (1967), “To Sir With Love” (1967), dan “Guess Who’s Coming to Dinner” (1967).

Sutradara Hudlin yang akan mengarahkan dokumenter Poitier ini dikenal melalui jejak-jejak karyanya seperti “The Black Godfather” (2019), yakni film dokumenter tentang eksekutif musik Clarence Avant yang ditayangkan untuk Netflix, serta “Marshall” (2017), film biografi Thurgood Marshall yang dibintangi Chadwick Boseman untuk Open Road.

Pengerjaan film untuk AppleTV+ bukan pertama kalinya bagi Hudlin. Ia juga akan menyutradarai dokumenter dengan judul utama “Number One on the Call Sheet” yang memotret kisah hidup laki-laki kulit hitam terkemuka di Hollywood, sementara dokumenter dengan subjudul “Black Leading Women in Hollywood” disutradarai oleh Shola Lynch.


Baca juga: Apple TV+ buat film dokumenter "The Sound of 007"

Baca juga: Tom Holland tampil lebih dewasa di film "Cherry"

Baca juga: Bosan di rumah? Apple TV Plus gratiskan beberapa film

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022