Jakarta (ANTARA) - Sering kali kita mengalami bahkan melihat motor itu menghasilkan suara yang aneh seperti suara tembakan atau sering disebut "nembak" dari motor itu yang biasanya disebabkan oleh masalah karburator.

Kendati demikian, kejadian ini bisa juga disebabkan oleh pada choke, matinya busi atau karena masalah suplai udara di karburator. Dalam kondisi seperti, Anda sebagai pengendara sepeda motor harus tahu apa saja penyebab serta bagaimana cara mengatasi yang benar. Berikut lima langkah mengatasinya seperti yang dikutip dari laman resmi Suzuki, Senin:

1. Mengecek Kondisi Karburator
Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek kondisi karburator khususnya bagan pilot screw atau setelan angin karburator. Apabila sebelumnya komponen ini disetel sendiri maka bisa jadi penyebab utama yang bisa di cek.

Anda bisa mencoba menyetelnya kembali dari 2,5 sampai 3 putaran penuh untuk memperoleh setelan yang tepat. Namun jika belum, Anda bisa menyetelnya kembali sesuai dengan kondisi mesin.

2. Mengecek Filter Udara
Pengecekan selanjutnya bisa dilakukan di bagian filter udara. Cek apakah kondisi filter udara masih bagus untuk menyaring udara atau sudah kotor. Pastikan bahwa filter udara ini rutin diganti sehingga udara yang masuk bersih dan cukup.

Penggantian filter udara ini biasanya dilakukan ketika mencapai 15.000 km. Bahkan beberapa jenis motor ada yang disarankan untuk rutin mengganti filter udara, bukan sekedar membersihkannya saja.

3. Mengecek Kondisi Busi
Penyebab karburator motor nembak yang berasal dari busi tentu harus di cek terlebih dahulu. Apabila kondisinya sudah tidak bagus sebaiknya Anda menggantinya. Penggantian busi juga sebaiknya dilakukan usai 6.000 km.

4. Mengecek Kondisi Selang BBM
Suplai bahan bakar sesuai dengan volumenya sangat dibutuhkan agar pembakaran dan tenaga berhasil dengan baik. Anda bisa mengecek juga selang bensin dari bagian tangki ke mesin.

Pastikan tidak ada kebocoran sedikitpun atau kerusakan. Jika iya, maka segera ganti dengan selang yang baru.

5. Mengecek Knalpot
Anda yang sudah mengecek keempat hal di atas dan tidak terjadi masalah, maka coba untuk melihat ke bagian knalpot. Bisa jadi masalahnya justru berasal dari knalpot. Baik itu karena salah pemasangan atau kebocoran.

Knalpot yang sudah tidak bisa dipakai juga akan mengalami masalah muncul suara kencang ketika digunakan. Baik itu penyebab karburator motor nembak diketahui setelah dicek atau tidak, cara mengatasi paling aman adalah dengan datang ke bengkel resmi 2W Suzuki terdekat.



Baca juga: Siasat agar "anak motor" tetap fit di tengah cuaca tak menentu

Baca juga: Tiga fotografer berbagi tips memotret sepeda motor

Baca juga: Cara aman merawat v-belt motor matik
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022