Jakarta (ANTARA) - Aktor Korea Selatan O Yeong-su memenangkan kategori aktor pendukung televisi terbaik di ajang Golden Globe Awards 2022 untuk perannya dalam "Squid Game," menjadikannya aktor Korea Selatan pertama yang mendapatkan piala penghargaan akting di Amerika itu.

Dia mengalahkan Billy Crudup dan Mark Duplass ("The Morning Show"), Kieran Culkin ("Succession") dan Brett Goldstein ("Ted Lasso") yang menjadi penerima nominasi untuk kategori penghargaan yang sama.
Seperti dikutip dari Yonhap, Yeong-su berperan sebagai peserta lanjut usia bernama Oh Il-nam yang diam-diam berada di balik kontes mematikan itu. Dia berusaha memenangkan hadiah uang sebesar 45,6 miliar won atau setara Rp54 miliar.

Baca juga: Daftar lengkap nominasi Gloden Globe 2022, ada "Squid Game" dan "Dune"

Ini menjadi kali pertama seorang aktor asal Korea Selatan memenangkan trofi di Golden Globe yang dianggap sebagai penentu arah penting untuk Academy Awards mendatang.

Sebelumnya, dua aktris Amerika keturunan Korea yakni Sandra Oh dan Awkwafina telah memenangkan penghargaan di Golden Globe.

Oh Yeong-su memulai karir aktingnya pada tahun 1963 sebagai aktor teater, dan dia telah bermain di lebih dari 200 produksi, termasuk "King Lear" (2017).

Dia telah menerima pengakuan dari sejumlah penghargaan lokal bergengsi, termasuk Dong-A Theatre Award pada tahun 1979, Baeksang Arts Award pada tahun 1994 dan National Theatre Association of Korea untuk Aktor Terbaik pada tahun 2000.

Meskipun ia telah menghabiskan sebagian besar karirnya di atas panggung, Yeong-su juga berpartisipasi dalam beberapa film dan serial televisi seperti "Spring, Summer, Fall, Winter... and Spring" (2003) dan "Queen Seondeok" (2009).

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, sang aktor mengatakan telah mencapai banyak hal hebat, termasuk ketenaran melalui "Squid Game," sepanjang karirnya. Dia sekarang menghadapi saat ketika dia ingin meninggalkan hal-hal itu dan melihat bagaimana kehidupan berjalan.

Yeong-su mengaku telah menolak banyak tawaran untuk membintangi iklan agar tetap rendah hati dan menjaga pesan "Squid Game".

Baca juga: ITZY dan aktor "Squid Game" Heo Sung Tae akan kolaborasi di MAMA 2021

Baca juga: "No Time to Die" hingga "Encanto" menangkan Golden Globe 2022

Baca juga: Golden Globe 2022 dilaksanakan tanpa artis dan karpet merah

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022