Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo menegaskan Indonesia akan mengulang dan memperkokoh kepemimpinannya di kancah global seperti yang dulu pernah dilakukan Presiden Pertama RI Soekarno (Bung Karno).

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutannya pada acara HUT Ke-49 PDI Perjuangan yang disaksikan secara virtual di Jakarta, Senin, berkaitan dengan posisi Indonesia yang menerima Presidensi G20 Tahun 2022.

"Kita akan mengulang dan memperkokoh kepemimpinan Indonesia yang dulu pernah dilakukan Presiden pertama kita Bung Karno," ujar Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Presiden sampaikan terima kasih untuk PDIP atas dukungan di masa sulit

Presiden menyampaikan bahwa pada tahun ini Indonesia mendapat sebuah kehormatan dan kepercayaan internasional, yaitu keketuaan G20 atau Presidensi G20.

Indonesia akan memanfaatkan momentum tersebut untuk memperjuangkan kepentingan bangsa dan kepentingan negara-negara berkembang.

Kepala Negara menyampaikan Indonesia akan terus berjuang membangun tata kelola kesehatan, tata kelola ekonomi dunia yang lebih adil, lebih kokoh dalam menghadapi ketidakpastian, dan kompleksitas masalah yang semakin banyak di dunia.

Baca juga: Megawati: Turun ke rakyat kerja politik terbaik menangkan Pemilu 2024
Baca juga: PDIP dukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf bangkit dan lewati pandemi


Presiden menyampaikan pemerintah terus berkomitmen, bekerja keras membangun kemandirian bangsa, dan memperkokoh kepemimpinan Indonesia di masyarakat internasional.

Salah satu langkah konkretnya, yaitu hilirisasi industri terus ditingkatkan untuk menghasilkan nilai tambah dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya, maka sejak tahun 2020 Indonesia telah menghentikan ekspor nikel bahan mentah.
 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022